Kapolres Pasuruan Kota Pimpin Pengamanan Pemakaman Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri


Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melakukan pengamanan pemakaman Almarhum KH. A. Nawawi Abdul Djalil pengasuh pondok pesantren Sidogiri Desa Sidogiri Kec Sidogiri Kec. Kraton Kab. Pasuruan yang dipimpin oleh Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman S.I.K M.Si di dampingi Wakapolres Pasuruan Kota Kompol Heri Dian Wahono, M.Psi. Senin (14/6) 


Almarhum. KH. A. Nawawi Abdul Djalil meninggal dunia pada hari Minggu 13 Juni 2021 pukul 16.40 Wib di rumah sakit daerah Raci Bangil Kab. Pasuruan dikarenakan komplikasi sakit jantung dan paru-paru. 


Almarhum merupakan pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri Desa Sidogiri Kec Kraton Kab Pasuruan yang juga seorang tokoh agama (ulama) sepuh serta disegani oleh kalangan ulama, disamping itu juga mempunyai jamaah pengajian yang sangat banyak serta Santri Pondok Sidogiri yang berjumlah ± 12.000 santri. 


Salah satu sosok Kyai Khos (kyai sepuh) di Indonesia ini merupakan salah satu kyai yang menjadi tim Ahwa (Ahlul Halli Wal-Aqdi) pada muktamar ke 33 di Jombang Jawa Timur. Kharismatik Kyai A. Nawawi Abdul Djalil tidak diragukan lagi dan juga disebut sebagai Sosok kyai Zuhud (meninggalkan kecondongan terhadap kepentingan dunia) yang sering menjadi jujugan para tokoh nasional untuk meminta doa dan restu dari beliau. 


Dalam melakukan pengamanan pemakaman Almarhum KH. A. Nawawi Abdul Djalil pengasuh pondok pesantren Sidogiri terdapat 4 lokasi penyekatan di depan Gang Pondok, Kantor Sekretariat, Balai Tamu dan Pintu Utama Masuk Area Pondok Sidogiri serta jalan- jalan kecil atau gang yang bisa dilewati masuk ke rumah duka guna mengantisipasi membludaknya para petakziah yang datang ke lokasi pemakaman. 


"Kami bekerja sama dengan semua pihak untuk melakukan pengamanan pemakaman KH. A. Nawawi Abdul Djalil pengasuh pondok pesantren Sidogiri. Pihaknya bekerja sama dengan TNI, Pemkot, Dishub, dan instansi lainnya." Ujar Kapolres 


Lanjut dikatakan "Pemakaman menerapkan protokol kesehatan secara ketat baik dirumah duka maupun di lokasi pemakaman. Kita selalu menghimbau untuk selalu menjaga jarak dan selalu memakai masker". (Abimanyu/Humas)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.