Peringati HUT Bhayangkara ke-75 Polres Jember Berikan Pelatihan Broadcasting Pada Para Disabilitas

 


JEMBER – Keterbatasan fisik tidak menjadi kendala bagi para disabilitas, terbukti dalam rangkaian kegiatan Peringatan HUT Bhayangkara ke-75, Polres Jember menggandeng dua organisasi penyandang disabilitas yaitu Persatuan Penyandang Disabilitas & Center Advokasi (PERPENCA) dan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Jember. Mereka dilatih Broadcasting oleh Polres Jember dengan menggandeng tenaga ahli dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. Hasil pelatihan tersebut akan langsung di praktikkan pada acara penganugerahan pemenang lomba yang akan dilaksanakan pada besok Rabu (30/06/2021) di Gedung Bhayangkara Patrang Jember.


Kapolres Jember, AKBP. Arif Rachman Arifin, SIK., MH. pelatihan ini menurutnya setiap insan mempunyai kesempatan yang sama dalam berkarya, tanpa harus melihat status sosial atau fisik semata. Hal itu sejalan dengan program Indonesia Inklusi.


“Kami mendorong para pelaku usaha untuk tidak memberikan batasan bagi disabilitas untuk memberi peluang pada sektor-sektor yang sesuai dengan kompetensinya,” jelasnya.


Lanjut Kapolres Jember, dirinya berkeinginan terjadi pembauran yang proporsional antara Disabilitas dan Non Disabilitas, “dan pada kenyataannya, ketika mereka diberi kesempatan, mereka mampu menjadi inisiator, konseptor bahkan Eksekutor,” terangnya.


Lalu, Kapolres Jember menambahkan, pada pelatihan ini mereka berkesempatan langsung mempraktikkan pengetahuan barunya untuk diimplementasikan pada acara puncak peringatan HUT Bhayangkara ke-75.


Ketua Jember SAE (Sehat, Aman dan Eksotis) Didik Suharijadi, Ss., MA., mengatakan, dalam pelaksanaan pelatihan para Disabilitas tidak merasakan ada perbedaan, “Tak ada bedanya melatih Kaum disabilitas dengan Non Disabilitas, mereka memiliki kemampuan pengembangan diri yang sama, kita akan buktikan di puncak peringatan HUT Bhayangkara ke-75 besok. Semua kameraman dari teman-teman disabilitas,” jelasnya.


Didik lantas mengatakan, pelatihan broadcasting ini mungkin pertama kali di laksanakan dengan melibatkan para disabilitas, “kami sangat terkesan dengan apa yang digagas oleh para disabilitas. Lebih terkesan lagi pada respons Polres Jember yang telah mendukung giat tersebut,” ungkapnya.


Lalu dirinya berharap kedepan, makin banyak pihak yang tidak ragu untuk memberikan kesempatan pada mereka (disabilitas). Dia menegaskan Jember SAE telah membuktikan bahwa mereka mampu mengatasi keterbatasannya.

Admin : Abimanyu

Sumber : Humas Polres Jember

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama