Komsos Dengan Warga Binaan Peltu Riyanto Tekankan Protokol Kesehatan

 


BARABAI-Berbagai cara dilakukan Babinsa (Bintara Pembina Desa) agar kedekatan emosional terhadap warga binaan timbul, salah satunya dengan cara Komunikasi sosial (komsos) terhadap warga binaan.


Komsos merupakan methode Binter (Pembinaan Teritorial) yang paling efektif bagi Babinsa dalam membina dan melakukan secara lansung wilayah atau desa yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya.


Seperti yang dilakukan oleh Peltu Riyanto menajlin keharmonisan dengan warga binaan dengan komunikasi sosial di desa Limpasu Kecamatan Limpasu Kab. Hulu Sungai Tengah (HST). Selasa (03/08/2021).


Dalam kesempatan tersebut Peltu Riyanto  mengajak kepada warga binaan untuk tetap mentaati protokol Kesehatan terutama saat berada di luar rumah, mengingat saat ini pandemi covid-19 di wilayah Hulu Sungai Tengah mengalami peningkatan setiap harinya.


Dan apabila warga mengalami gejala kurang enak badan seperti batuk-batuk, Flu, badan meriang segeralah memeriksakan diri ke Puskesmas agar mendapat menanganan yang lebih cepat sebelum terlambat.”ucapnya


Sementara itu Danramil 1002-02/Batang Alai Utara Lettu Inf Sutanto mengatakan dengan komsos,  babinsa akan mengetahui dan menguasai geografi, demografi dan konsos (kondisi sosial) wilayah binaan.”ucapnya.


Lebih lanjut Danramil menegaskan "Tugas Babinsa adalah melaksanakan kegiatan Kewilayahan, untuk mewujudkan Ketahanan Wilayah dan Kemanunggalan TNI bersama Rakyat. Salah satu upayanya yaitu dengan mendata  Wilayah Binaannya yang meliputi Geografi, Demografi maupun Kondisi Sosial secara berkala agar mengetahui perkembangan Wilayah Binaan," terangnya.


"Guna mendukung tugas kewilayahan, seorang Babinsa harus banyak tahu dan menguasai kondisi wilayah yang menjadi tanggung jawabnya, untuk itu seorang Babinsa dalam upaya mendukung tugas yang diberikan oleh komando atas harus selalu melaksanakan komunikasi dengan masyarakat dan aparat Kelurahan sebagai partner kerja sehari-hari."ungkapnya


"Tujuan kegiatan ini pun juga mengupdate Data Geografi, Demografi dan Konsos yang terbaru sebagai bahan atau data Babinsa untuk dilaporkan ke satuan atas atau sebagai dosir pribadi untuk di Koramil apabila sewaktu-waktu dibutuhkan."tegas Danramil.(pendim1002).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.