TNI-Polri di Lumajang Dampingi Nakes Tracing Warga Kontak Erat Pasien Positif COVID-19



Lumajang - Untuk menekan penyebaran COVID-19, Babinsa Sukosari dan Bhabinkamtibmas Polsek Jatiroto melakukan pendampingan tim tracing dari Puskesmas setempat.


Petugas Puskesmas melaksanakan tracing terhadap anggota keluarga kontak erat dengan pasien terkonfimasi positif COVID-19, di Dusun Rowoku, Desa Sukosari, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang, Selasa (10/8/2021).


Tracing dilaksanakan di rumah warga yang kontak erat dengan pasien positif COVID-19. Petugas medis mendata anggota keluarga yang kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19.


"Petugas dari tim kesehatan melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap keluarga yang kontak erat, hasil pengecekan suhu sekitar 36 derajat celcius," ujar Babinsa Sukosari Koramil 0821/12 Jatiroto Sertu Samsuliadi Dwi Puwanto.


Nantinya petugas akan melakukan swab antigen kepada keluarga yang kontak erat dengan pasien COVID-19 sebanyak 2 orang.


"Pada hari kami nanti 2 orang yang kontak erat akan dilakukan swab antigen," imbuh Sertu Samsuliadi Dwi Puwanto.


Lebih lanjut Babinsa Sukosari menjelaskan, kegiatan tersebut untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19 di wilayah kecamatan Jatiroto.


"kami tetap memantau dan mengimbau agar mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) 5M untuk memutus penyebaran COVID-19," ujarnya.


Sertu Samsuliadi Dwi Puwanto menghimbau kepada keluarga dan tetangga pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 untuk menjalani isolasi mandiri 14 hari dan minta selalu memakai masker dan tidak menjalin kontak secara langsung dengan warga lainnya. 


"Jika selama pelaksanaan isolasi mengalami keluhan atau sakit agar segera menghubungi tim medis," ucapnya. (Pendim 0821).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.