Semprotkan Disinfektan Berbahan Dasar Eco-enzyme


JEMBER – Korps Sukarela (KSR) PMI Unit Universitas dr Soebandi Jember berkreasi dalam upaya pencegahan Covid-19 di kampus. Salah satunya aktif melakukan penyemprotan disinfektan yang berbahan baku eco-enzyme. Penyemprotan disinfektan diutamakan dalam ruangan yang digunakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) Universitas dr Soebandi Jember. Penyemprotan disinfektan ini dilakukan oleh suluruh anggota KSR Unit Univ dr Soebandi yang bekerja sama dengan PMI Jember. 


Menurut Wina Pengurus KSR PMI Unit Universitas dr Soebandi Jember mengatakan, pihaknya memang aktif ikut serta meniapkan protocol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. “Kami sebagi relawan memang bersama kampus melaksanakan penyemprotan disinfektan di ruang aula Universitas dr Soebandi Jember yang digunakan untuk PK2MB 2021. Kebetulan kami dari KSR Unit Universitas dr Soebandi bekerja sama juga dengan para panitia acara PK2MB yang mana selaku pemilik hajat untuk lebih memperketat prokes yang sudah disepakati dimulai dari beberapa izin yang sudah dikantongi seperti dari satgas covid-19 Jember,,” kata Wina. 


Menurut dia, disinfektan yang disemprotkan berasal dari bahan-bahan organic sehingga relatf lebih aman dari pada disinfektan umumnya. “Bahan utama yang kami gunakan dalam kegiatan ini yaitu eco-enzyme yang mana ini adalah produk hasil fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah, sayuran dan gula sehingga sangat ramah lingkungan,” ujarnya.


Menurut dia,  eco-enzyme ini sendiri banyak sekali manfaatnya yaitu untuk Pembersih rumah tangga, insektisida, antiseptik, perawatan tubuh, pupuk dll. “Pertimbangan dalam pemilihan eco-enzyme sebagai bahan utama disinfektan ini karena pastinya hemat, mengurangi polusi dan banyak sekali manfaatnya lainnya seperti lebih aman,” ujarnya. 


Dia menjelaskan, KSR PMI dilibatkan dalam upaya pencegahan Covid-19 di kampus Universitas dr Soebandi Jember. ”Kami ikut memastikan pelaksanaan PK2BM aman denan menerapkan prokes 5 M. Kami dari KSR PMI Unit Universitas dr Soebandi bekerja sama juga dengan para panitia acara PK2MB yang mana selaku pemilik hajat untuk lebih memperketat prokes yang sudah disepakati dimulai dari beberapa ijin yang sudah dikantongi seperti dari satgas covid-19 Jember’ ujarnya. 


Semua panitia dan peserta sudah melakukan vaksinasi minimal 1 kali dosis sehingga acara PK2MB yang dilakukan secara offline ini bisa berjalan lancar. “Kami selaku UKM KSR PMI ingin turut mensupport suksesnya acara tersebut dengan melakukan desinfeksi ruangan secara merata agar lebih bisa memastikan bahwasanya tidak hanya peserta dan panitia yang bersih tapi juga ruangan terselenggaranya acara besar ini,” ujarnya. 


Dia menjelaskan, acara PK2MB dilaksanakan di aula Universitas dr Soebandi yang diikuti kurang lebih 497 peserta  dan 81 panitia. “Kami mendapatkan bahan utama disinfektan berupa eco-enzyme ini dari Komunitas ECO-ENZYME Nusantara Jember. KSR PMI Unit Universitas dr Soebandi dapat support secara gratis dari komunitas eco-enzym Nusantara Jember. Khususnya  ke Bu Anandita A Sasmito yang juga menjabat sebagai salah satu staf di Universitas dr Soebandi serta Bu Dina Putu Ayu  juga dari  anggota dari komunitas Eco-Enzyme Nusantara Jember tersebut. (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama