Kapolsek Japsel "Diduga Karena ODGJ, Tiga Unit Rumah Hangus di Entrop"


Polresta Jayapura Kota,- Diduga kerena alami gangguan jiwa atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), seorang remaja berinisial WM (14) membakar rumah yang bertempat di belakang Kompleks As-Salam Gunung Entrop Distrik Jayapura Selatan, Rabu (27/10) sekira pkl.10.00 Wit.


Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK., M.Pd melalui Kapolsek Jayapura Selatan AKP Hendrik Seru, S.H ketika dikonfirmasi.


Kapolsek mengatakan, dari kejadian kebakaran tersebut, tiga unit rumah hangus terbakar, pemilik rumah yakni Martha Matini, Samuelson Samori dan Margaretha Wairara.


"Berawal sekitar pukul 09.00 wit saksi yang sedang tidur di dalam rumah Korban (Ibu Martha, dan tak lama kemudian pelaku datang dan langsung masuk kedalam kamar, karena melihat pelaku di dalam kamar sehingga saksi kembali duduk di depan / teras rumah korban," terang Kapolsek.


Lanjutnya, tak lama kemudian saksi melihat asap dan api di dalam kamar selanjutnya saksi menarik pelaku dari kamar, setelah itu saksi kemudian membawa korban keluar dari rumah untuk menyebrang kerumah tetangga.


"Api kemudian membesar dan merembet ke dua rumah lainnya dan baru berhasil di padamkan dengan bantuan dua unit mobil pemadam kebakaran dua jam kemudian," pungkasnya.


Ia menambahkan, dari peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa dimana terduga pelaku masih ada hubungan keluarga dengan ketiga korban.


"Terduga pelaku diketahui mengalami gangguan jiwa, diperkuat dari keterangan keluarga korban yg menjelaskan bahwa pelaku sebelumnya selama 3 bulan mengalami gangguan jiwa dan baru keluar 2 hari yang lalu dari RS Jiwa Abepura," tandasnya.


Kapolsek Jayapura Selatan yang baru menjabat ini pun menuturkan, sumber api diduga kuat dari kamar yang ditempati terduga pelaku, yang mana berdasarkan pengakuan dirinya awalnya sempat membakar celana sekolah didalam kamar tidur.


"Kerugian materil diperkirakan kurang lebih sekitar Rp.250.000.000,- (dua ratus lima puluh juta rupiah) akibat kebakaran tersebut," tutupnya.


Penanganan kebakaran tersebut kini ditangani oleh unit reskrim polsek jayapura selatan.(*)


Penulis : Subhan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama