Sambut KASANOVA 2021 RSUD dr. Iskak Siapkan 3 Inovasi Unggulan



Tulungagung - www.rakyatnusantara.net Berbagai persiapan untuk mengikuti ajang lomba Kreativitas dan Inovasi (KASANOVA) 2021 terus dilakukan oleh RSUD dr Iskak. Termasuk memberikan pembekalan kepada enam peserta yang akan berlaga di ajang tahunan tersebut.


KASANOVA merupakan ajang adu kreativitas dan inovasi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA).


Kasi Pemasaran dan Informasi RSUD dr Iskak, Mochammad Rifai mengatakan, dalam ajang KASANOVA 2021 ini RSUD dr Iskak akan mengirimkan tiga tim untuk bertanding.


Tim pertama berasal dari Instalasi Rawat Inap (IRNA) Flamboyan, kedua tim Instalasi Farmasi, dan ketiga dari Sub-Bagian Penyusunan dan Evaluasi RSUD dr. Iskak.


“Ketiga tim yang berlaga ini merupakan para pemenang 3rd Kaizen Festival 2021 kemarin,” jelasnya.


Rifai melanjutkan, pembekalan ini dimaksudkan agar ketiga tim yang akan berlaga pada 29 Oktober 2021 lebih siap dalam mempresentasikan inovasinya. Untuk itu pembekalan akan dilakukan secara rutin sedikitnya satu minggu sekali sebelum perlombaan dimulai.


“Kami sudah punya inovasi-inovasinya, tinggal diberi pembekalan dan sosialisasi mengenai aturan main dari KASANOVA 2021 ini, maka tiga tim ini siap bertanding,” katanya.


Lebih rinci, ketiga inovasi yang dilombakan merupakan bentuk inovasi dari RSUD dr Iskak dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan pasien. Hal ini bertujuan memudahkan masyarakat untuk dapat mengakses layanan kesehatan secara cepat, akurat, dan jelas.



Adapun inovasi pertama yang berasal dari IRNA Flamboyan adalah “Hotman Paris” yang merupakan akronim dari, hotline komunikasi, informasi, pendidikan kesehatan di ruang isolasi COVID-19. Inovasi ini muncul untuk menjembatani akses komunikasi antara keluarga dengan pasien yang sedang menjalani isolasi.


Inovasi kedua berasal dari Instalasi Farmasi, dengan tagline “Permen Karet Molor”, kependekan dari Petugas Apoteker Menjamin Ketersediaan Obat dengan Media Online Google Form. Sebuah inovasi bidang layanan kefarmasian dalam rangka pengelolaan obat injeksi di Instalasi Farmasi RSUD dr. Iskak


Sementara inovasi ketiga berasal dari Sub-Bagian Penyusunan dan Evaluasi RSUD dr. Iskak Tulungagung. Inovasi yang diberi nama KLEPON atau kependekan dari Kerja Lebih Efisein dengan Perencanaan Online ini berhasil memadukan kecanggihan teknologi dengan kebutuhan kerja. 


“Dengan tiga inovasi yang kami suguhkan ini, kami optimis bahwa inovasi kami akan mendapat respon positif dari pemkab setempat,” ujar Rifai.


Sebelumnya, RSUD dr Iskak berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus dalam ajang KASANOVA 2019. Saat itu inovasi public safety center (PSC) dan Si Poetri berhasil mendapatkan respon menggembirakan dari pemkab setempat. Bahkan, pemerintah daerah mendukung penuh kedua inovasi tersebut agar dapat diterapkan secara berkelanjutan di RSUD dr Iskak.* (edr)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.