Satgas TMMD Kodim HST Gelar Kegiatan Penyuluhan Pelayanan Kesehatan

  


HULU SUNGAI TENGAH. Keberadaan Satgas TMMD ke 1112 Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah (HST) di tengah-tengah masyarakat adalah dalam rangka membantu Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, di mana keberadaannya selain mengerjakan kegiatan fisik, Satgas TMMD juga melaksanakan kegiatan non fisik berupa sosialisasi dan penyuluhan pelayanan kesehatan.


Dengan mengandeng Puskesmas Kasarangan, satgas TMMD mengelar penyuluhan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Desa Kasarangan, Kecamatan Labuan Amas Utara. Jumat, (1/10/2021)


Selaku Narasumber Penyuluhan pelayanan Kesehatan, Mahlida Irliani, Skm, menyampaikan materi tentang hiperteni.


Dijelaskan Mahlida, Hipertensi adalah istilah medis dari penyakit tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat mengakibatkan berbagai komplikasi kesehatan yang membahayakan nyawa sekaligus meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, bahkan kematian.


"Hipertensi dapat diketahui dengan rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah. Setidaknya, orang dewasa dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan darah, termasuk tekanan darah setiap lima tahun sekali."katanya


Lebih lanjut, Mahlida mengatakan, Seseorang bisa dikatakan mengalami hipertensi bila pembacaan tekanan darah sistolik pada pengukuran selama dua hari berturut-turut menunjukkan hasil yang lebih besar dari 140 mmHg, dan/atau pembacaan tekanan darah diastolik menunjukkan hasil yang lebih besar dari 90 mmHg.


Sementara itu selaku Dan SSK TMMD Ke-112 Kodim 1002/HST, Kapten Inf Lilis Sutanto menyampaikan penyuluhan ini dilakukan sebagai upaya memberi pemahaman kepada msyarakat tetang pentingnya menjaga kesehatan.


"Selain itu, sosialisasi ini dilaksanakan atas dasar kepedulian terhadap sesama dan rasa kekeluargaan yang terjalin selama ini antara personel Satgas TMMD dengan warga Kecamatan Labuan Amas Utara,” pungkasnya.(Pendim1002)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.