TMMD ke-112 Kodim 0910/Malinau Resmi Di Tutup



Kamis (14/10/2021), Bupati Malinau yang diwakili Asisten I Pemkab. Malinau H. Edi Marwan beserta seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kab. Malinau menghadiri penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 112, bertempat di Aula Makodim 0910/Malinau yang dimulai pukul 09.00 Wita.


Dandim 0910/Malinau Letnan Kolonel Infanteri Sofwan Nizar selaku Dansatgas TMMD ke-112 wilayah Perbatasan Kodim 0910/Malinau saat membacakan amanat Panglima Kodam VI/Mulawarman menyampaikan, TNI Manunggal Membangun Desa diselenggarakan untuk membantu pemerintah daerah guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dalam membangun infrastruktur serta membuka daerah yang terisolir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka tetap terpeliharanya Kemanunggalan TNI-Rakyat.


Pelaksanaan TMMD kali ini dilaksanakan di 4 wilayah Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Kodam VI/Mulawarman yakni Kodim 0908/Bontang, Kodim 0910/Malinau, Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah dan 1004/Kotabaru dengan mengambil tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”. Tema ini sejalan dengan Kebijakan Pemerintah untuk membangun daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata, sekaligus sebagai momentum untuk menggelorakan kembali semangat gotong-royong. 


Berdasarkan hasil evaluasi, saya menilai bahwa penyelenggaraan TMMD kali ini dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman dengan hasil yang sangat baik dan menggembirakan. Pada pelaksanaannya TMMD ke-112 ini juga didukung oleh Dinas Pemda setempat, diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, BKKBN, Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum serta Kejaksaan Negeri dan Polres. 


Adapun pencapaian sasaran pembangunan fisik, telah mencapai 100%. Para personel Satgas TMMD dan seluruh komponen masyarakat yang terlibat telah berhasil menyelesaikan pembangunan infrastruktur pedesaan berupa pembuatan turap sungai sepanjang 138 m, pembukaan badan jalan sepanjang 1.100 m, pengerasan badan jalan sepanjang 3.025 m, pembuatan siring pondasi sepanjang 1.034 m, pembuatan drainase jalan sepanjang 6.000 m, pembuatan jembatan 1 unit, pembuatan plat duicker 3 unit, pembangunan rumah singgah 1 unit, pembangunan rumah 4 unit, pembangunan MCK 1 unit, rehab jembatan 2 unit, dan rehab mushola 2 unit.


 Untuk sasaran kegiatan non fisik Satgas TMMD yang bersinergi dengan dinas terkait telah melaksanakan penyuluhan antara lain tentang Hukum dan Narkoba, Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, Rekruitmen Prajurit TNI, KB/Kesehatan, Posyandu, Buta Aksara, Stunting (kurang gizi), Pos Pembinaan Terpadu, Peternakan, Pertanian dan Perkebunan, Perikanan, Penanggulangan Bencana serta Penyuluhan Covid-19.


Pelibatan TNI dalam program pemerintah pada dasarnya telah sesuai dengan amanat dalam UU TNI Nomor 34 tahun 2004 khususnya tentang tugas TNI pada OMSP yaitu memberdayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta dan membantu tugas pemerintah di daerah khususnya dalam aspek pembangunan kualitas dan kesejahteraan masyarakat” ungkapnya.



Ditempat yang sama, Bupati Malinau yang diwakili Asisten 1 Pemkab Malinau mengatakan “Dengan telah selesainya pelaksanaan TMMD ke-112 TA 2021, atas nama keluarga besar Pemerintah Daerah Kab. Malinau mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bekerjasama dan membantu pelaksanaan TMMD ke-112 TA 2021, sehingga dapat berjalan tertib dan lancar sesuai tujuan yang diharapkan. Ia berharap, sinergi yang terjalin dalam TMMD menjadi hubungan yang terus terjaga kedepannya untuk Sigi yang lebih baik. 


Ke depan kegiatan seperti TMMD ini harus terus dilanjutkan agar pembangunan Kab. Malinau semakin cepat dan berkembang yang pada akhirnya nanti hasil dari seluruh pembangunan itu adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat”, terangnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.