Kota Probolinggo Dapat Penghargaan Program OPOP dari Gubernur Jatim

 

Foto : Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setyorini Sayekti saat menerima penghargaan Program OPOP dari Gubernur Jawa timur, Minggu (18/11/21).

PROBOLINGGO, Jatim Hari Ini -Pemerintah Kota Probolinggo setelah meraih penghargaan peringkat 3 kategori penilaian kompetensi dari Badan Kepegawaian Nasional, kali ini menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, sebagai kategori Kabupaten/Kota mendukung Program OPOP (One Pesantren One Product) Provinsi Jawa Timur.


Penghargaan tersebut diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Setyorini Sayekti mewakili Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, Minggu (28/11/21). Selain Kota Probolinggo, sejumlah daerah lain juga mendapatkan penghargaan serupa yaitu Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kota Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Jombang, dan Kabupaten Blitar.


Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengucapkan terima kasih banyak atas bupati/wali kota yang telah melakukan pendampingan dalam proses penguatan OPOP di masing-masing daerahnya. 


"Saya berharap bapak/ibu tetap memberikan pendampingan sehingga produk nantinya bisa diekspor dalam skala internasional. Kami telah mengembangkan Export Center sehingga produk bertemu market yang lebih produktif lagi," ungkapnya.


Terkait penghargaan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setyorini Sayekti menjelaskan, perkembangan OPOP di Kota Probolinggo sudah semakin baik. Pemkot melalui DKUPP dan instansi terkait sudah melakukan pembinaan, baik penguatan kelembagaan, penguatan SDM melalui pelatihan bahkan proses sampai packaging.


“Kedepannya, kami ingin meningkatkan kualitas produk pesantren dari sisi SDM, kualitas, sertifikasi hak cipta dan kehalalan. Ditambah juga untuk pemasarannya, untuk saat ini teknologi informasi berkembang, jadi kita juga nantinya menggunakan e-marketing agar menjangkau pemasaran yang lebih luas lagi," terangnya.


Turut hadir juga menemani penerimaan penghargaan, 

Sementara Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUPP) Fitriawati yang juga ikut hadir mendampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan menambahkan,, penguatan OPOP di Kota Probolinggo  semakin baik.


"Kemarin kami telah mengadakan lomba santripreneur, wirausaha untuk pesantren, dan pembinaan pengembangan produk serta manajemen usaha. Dalam waktu dekat kami akan mengukuhkan Tim OPOP Kota Probolinggo yang bekerjasama dengan instansi terkait dan pihak perbankan, dimana nanti dengan adanya tim ini bersama-sama meningkatkan program OPOP agar lebih baik ke depannya," jelasnya.


Acara yang bertempat di Atrium Icon Mall Kabupaten Gresik juga diagendakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara tim OPOP Jawa Timur dengan PT Pertamina Patra Niaga dan PT Intelegensia Grahatama untuk pengembangan OPOP selanjutnya. (Nis)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama