Lalulintas Sempat Terganggu, Polsek Melaya Evakuasi Kayu Tumbang


Jembrana - Saat ini Wilayah Kabupaten Jembrana terus diguyur hujan lebat dan cuaca extrim yang dapat mengakibatkan bencana alam baik tanah longsor, banjir, maupun kayu tumbang yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas.


Mengantisipasi hal itu Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. telah memerintahkan jajarannya untuk pantau situasi dan melaksanakan siaga tanggap bencana di tengah cuaca ekstrem hujan deras dan angin kencang yang mengguyur wilayah Kabupaten Jembrana berpotensi mengakibatkan bencana baik tanah longsor, banjir, maupun kayu tumbang.


Bebrapa waktu lalu tepatnya, Sabtu (20/11/2021) pukul 14.00 Wita, karena hujan deras dan angin kencang, telah terjadi kayu tumbang di jalur Denpasar-Gilimanuk tepatnya di Dusun Yeh Kuning, Desa Pekutatan, Kec. Pekutatan depan Toko Wira Bhakti. Kayu tumbang disebabkan karena terguyur hujan yang sangat lebat disertai angin kencang dan kayu tumbang tersebut menutupi jalan utama.


Disusul kemudian hari berikutnya di Dusun Bading Kayu, Desa Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, telah terjadi tanah longsor yang juga mengakibatkan tertutupnya jalur di jalan umum.


Giliran di wilayah Melaya, tepatnya di Banjar Kelatakan, Desa Melaya, cuaca extrim hujan deras disertai angin kencang menumbangkan pohon yang cukup besar di tempat tersebut yang merintangi jalan utama yang mengakibatkan arus lalulintas sedikit terganggu.


Personil Polsek Melaya yang saat itu melaksanakan patroli tanggap bencana dengan membawa kelengkapan alat pemotong kayu (senso) langsung mengambil tindakan dengan melakukan evakuasi, memotong, dan membersihkan dahan kayu agar arus lalulintas kembali lancar.


Seijin Kapolsek Melaya, saat dihubungi (28/11) Kanit Lantas Polsek Melaya Iptu I Nyoman Yasa, S.H. menjelaskan untuk menindaklanjuti perintah pimpinan terkait dengan cuaca ektrim yang melanda wilayah Jembrana, agar personil pantau terus bila terjadi bencana bisa bergerak cepat membantu masyarakat.


Kanit Lantas Iptu I Nyoman Yasa mengatakan malam dini hari tadi (28/11/2021) terjadi pohon kayu tumbang yang merintangi jalan utama di banjar kelatakan Ds. Melaya, Kec. Melaya, kami bersama personil melaksanakan patroli tanggap bencana dengan membawa kelengkapan mesin pemotong kayu berupa senso, langsung kami evakuasi bersihkan sehingga arus lalulintas tidak terganggu.


"Saat ini cuaca extrim masih melanda di Kab. Jembrana, kami himbau kepada masyarakat untuk berhati-hati, baik dalam perjalanan maupun di lingkungan rumah tempat tinggal, untuk waspada bencana banjir maupun tanah longsor," himbau Iptu Nyoman Yasa.


(Agus/Hms)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama