Ratusan Lansia Jalani Vaksin Serentak Yang Digelar Polres Probolinggo Kota

 

Foto : Para lansia saat menjalani vaksin yang digelar di Mapolres Probolinggo Kota, Sabtu (27/11/21)

PROBOLINGGO, Rakyatnusantara.net - Untuk mengejar target vaksinasi lansia, jajaran Polres Probolinggo Kota terus menyasar lansia untuk divaksin. Berbagai upaya dilakukan oleh jajaran Polres Probolinggo Kota untuk memenuhi target vaksin lansia.


Kali ini, ratusan lansia mengikuti vaksin yang digelar serentak oleh jajaran Polres Probolinggo Kota disejumlah tempat, salah satunya di aula Serbaguna Mapolres, dan pelaksanaan dipantau langsung oleh Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa'bani, beserta para PJU, Sabtu (27/11/21) siang.


"Target utama memang para lansia, namun jika ada warga yang belum mendapatkan dosis vaksin meskipun bukan lansia, tetap kami layani." Terang Kapolres AKBP Wadi Sa'bani di sela sela kegiatan.


Kapolres juga menjelaskan, untuk menarik minat warga agar mau divaksin, bagi para lansia yang datang, oleh Kapolres diberikan paket sembako guna membantu meringankan beban ekonomi para lansia dalam kehidupan sehari-hari.


"Sebelum divaksin, beliau - beliau ini kita skrining terlebih dahulu. Jika sehat dan memenuhi syarat, langsung kita vaksin." ujar AKBP Wadi.


AKBP Wad Sa'bani meyebutkan, hasil vaksinasi hari ini kurang lebih 300 orang lansia bisa tersuntik vaksin. Ini merupakan suatu upaya kepolisian yang didalamnya memiliki tugas penanganan Covid-19 untuk percepatan terhadap serapan vaksin kepada masyarakat.


"Sesuai data yang ada di wilayah Kota Probolinggo secara umum sudah mencapai target diatas 70 persen, saat ini sudah 75 persen. Namun khususnya lansia capaiannya masih rendah, masih dibawah 50 persen. Angka terakhir saat ini sudah 45,8 persen. Ini merupakan suatu upaya kita untuk mempercepat serapan vaksinasi khususnya terhadap lansia," sebutnya.


Dia juga jelaskan, ada beberapa upaya yang dilakukan terhadap percepatan ini selain melakasanakan vaksinasi serentak yang hari ini baru dikaksanakan, pihaknya juga menggelar vaksin lansia di sport sport ataupun secara door to door. Misalnya di sentra sentra publik yang ada di Kota Probolinggo, seperti di pasar.


Menurutnya, di Kota Probolinggo ini memiliki karakteristik masyarakat yang memang khas. Artinya beberapa kendala terhadap masyarakat khususnya lansia, yaitu yang pertama; mereka banyak yang gak mau di vaksin karena mendengar informasi informasi yang banyak beredar di masyarakat informasi hoaks, informasi bohong yang disampaikan oleh tetangga ataupun keluarganya bahwa vaksin itu membahayakan tubuh dan bisa mematikan.


"Pola pikir seperti ini yang salah. Karena itu kita coba himbau melalui himbauan dan sosialisasi langsung kepada masyarakat, khususnya terhadap lansia. Kita juga menggandeng tokoh tokoh masyarakat, tokoh agama untuk sama sama mensosialisasikan dan menghimbau kepada masyarakat agar mau divaksin, khususnya lansia," ungkap AKBP Wadi Sa'bani.


Kemudian kendala yang kedua menurut AKBP Wadi Sa'bani adalah kendala jarak dan waktu. Dimana para lansia di wilayah Kota Probolinggo ini masih melakukan pekerjaan pekerjaan mencari nafkah. Ketika ada sport atau ada gerai vaksin yang digelar di satu titik kesulitan, karena mereka beraktifitas untuk mencari nafkah baik di pasar maupun di sawah dan ditempat tempat mencari nafkah yang lainnya.


"Oleh sebab itu upaya upaya kita langsung door to door kepada masyarakat lansia ini supaya bisa lebih dekat, lebih mudah mereka untuk melakukan vaksin," terang AKBP Wadi Sa'bani.


Disamping itu, lanjut AKBP Wadi, kami juga ada Gerobak Vaksin Lansia. Ini merupakan media yang lebih menarik kepada masyarakat lansia yang ada di pasar. Karena apabila kita datang dengan menggunakan ambulance mungkin kuatirnya masyarakat yang sudah sepuh sepuh ini takut, maka kita datang dengan Gerobak Vaksin. "Ini merupakan inovasi dari Polres Probolinggo Kota guna lebih mendekatkan dan lebih mempercepat serapan vaksin khususnya lansia," jelasnya.


Kapolres AKBP Wadi Sa'bani juga mengajak warga Kota Probolinggo khususnya para lansia agar tidak takut untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi.


"Jangan mudah percaya terhadap banyaknya isu negatif yang beredar terkait dengan dampak negatif dari vaksinasi". tandasnya.


Untuk kegiatan vaksinasi lansia serentak hari ini, selain di aula Serbaguna, kegiatan vaksinasi juga dilaksanakan di 3 tempat lain yang ada di Kota Probolinggo. 3 tempat tersebut yaitu, RPK Kademangan, RPK Sumberwetan dan RPK Jrebeng Wetan. (Nis)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama