Panlih Desa Sidomulyo Tegaskan Sikap Netral dalam Pilkades

 


Probolinggo, rakyatnusantara.net – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 di Kabupaten Probolinggo akan digelar 17 Pebruari tahun 2022.  Dalam pesta demokrasi enam (6) tahunan ini, masyarakat diharapkan selektif dalam menentukan calon pemimpin desa sesuai hati nurani. Harapan tersebut disampaikan Muzammil selaku Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Sidomulyo, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, Senin (14/2/22).


“Antusiasme masyarakat dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Desa Sidomulyo sangat tinggi. Harapan besar kami, semangat demokrasi itu dibarengi tingkat kehadiran ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan menggunakan hak suaranya. Karena hak suara masyarakat menentukan arah pembangunan desa ke depan,” ujarnya, saat ditemui di sekretariat kepanitiaan desa setempat.


Untuk Desa Sidomulyo, lanjut Muzammil, terdapat lima (5) TPS dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.859 hak pilih. Sementara jumlah Calon Kepala Desa (cakades) sebanyak lima (5) orang. “Dari awal tahapan pelaksanaan Pilkades, kami seluruh jajaran panitia pemilihan menjunjung tinggi netralitas. Prioritas kami pelaksanaan Pilkades berjalan amanah, profesional, damai, dan demokratis,” tegasnya.


Perlu untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah menerima rekomendasi tindak lanjut pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dari Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.


Surat rekomendasi dengan nomor 141/0714/BPD tertanggal 9 Pebruari 2022 tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Plt Bupati Probolinggo Nomor 140/571/426.114/2021 tanggal 30 Januari 2022. Secara keseluruhan, dari aspek regulasi, pembentukan dan koordinasi tim, sosialisasi kebijakan, persiapan pengamanan, persiapan logistik dan pengawasan protokol kesehatan serta penyesuaian paling banyak 500 DPT per TPS, Kabupaten Probolinggo telah siap melaksanakan pemilihan kepala desa serentak pada tanggal 17 Februari 2022 di Era Pandemi Covid-19. (mul)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama