AMPP Desak Satlantas Tindak Tegas Puluhan Truk ODOL

 


Probolinggo, rakyatnusantara.net - Puluhan damp truck bermuatan tanah urug yang berlokasi di wilayah Gunung Bentar, Desa Curah Sawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, disoal pengguna jalan Raya Surabaya - Situbondo.


Pasalnya, aktifitas muatan tersebut dianggap mengganggu kenyamanan pengguna jalan karena kondisi jalan menjadi licin lantaran tanah urug yang diangkut berceceran di jalan. Selain itu, lalu-lalang dump truk yang tak beraturan cukup memakan badan jalan, hal itu mengakibatkan laju transportasi lalu-lintas cukup terganggu.


Aktivis dari Aliansi Masyarakat Peduli Probolinggo (AMPP), Lutfi Hamid mengungkapkan, jika tanah urug tersebut diambil dari lahan pengurukan tanah yang berada di area gunung bentar, dan diangkut menuju pembangunan tambak yang diduga tak mengantongi izin lokasi dari bupati dan rekomendasi Amdal Lalin dari Dinas Perhubungan.


“Ada tim ad–hoc Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD), termasuk fungsinya untuk perizinan proyek tambak. Dari tim TKPRD tersebut nantinya akan terbit izin lokasi dari bupati. Baru pemilik tambak bisa melakukan kegiatan usaha. Selain itu, harus juga ada rekomendasi Amdal lalin, guna meminimalisir gangguan lalu-lintas,” terangnya, Selasa (1/3/2022).


Di sisi lain, lanjutnya, pihak Satlantas Polres Probolinggo wajib menindak-tegas puluhan dump truck yang terindikasi overload muatan, izin KIR off, serta Noka dan Nosin dump truck yang kebanyakan diduga tidak sesuai STNKB. Parahnya, ia menyayangkan sebab sampai saat ini belum ada tindakan dari aparat terkait.


“Kami menduga dump truck tersebut overload, overdimensi, perizinan KIR nya juga diduga off, dan ada pula dugaan STNK dump truck tidak sesuai dengan Noka Nosin Kendaraan. Kami berharap Kasatlantas Polres Probolinggo melakukan follow up atas semua informasi ini, dengan melakukan peringatan atau penilangan terhadap puluhan truck Over Dimensi dan Over Loading (odol),” tegasnya.


Sementara itu, Kasat Lantas Polres Probolinggo, AKP Ponsen Dadang Martianto, saat dikonfirmasi melalui sambungan WhatsApp, Senin (28/2/22), belum merespon. Hasil pemantauan media ini di lapangan, puluhan dump truk bermuatan tanah urug di sepanjang jalan Surabaya – Situbondo, masih bebas beraktifitas. ( Mul ).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama