DUKUPP Kota Probolinggo Gelar Operasi Pasar Migor Murah Bagi PKL - UMKM Dan Penjual Gorengan

 

Foto: Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin saat gelar operasi pasar migor murah di Kantor DKUPP, Selasa (8/3/22).

Probolinggo, Rakyatnusantara.net - Pemerintah Kota Probolinggo melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) setempat kembali menggelar operasi pasar minyak goreng (Migor) dengan harga murah kepada masyarakat pedagang kaki lima (PKL), UMKM, dan penjual gorengan di Kota Probolinggo, Selasa (8/3/22).


Kegiatan operasi pasar migor kali ini DKUPP Kota Probolinggo bekerjasama langsung dengan pihak produsen Migor PT. Megah Surya Mas Sidoarjo 


Dalam operasi pasar kali ini DKUPP Kota Probolinggo menyiapkan sebanyak kurang lebih 18.000 liter Migor berbentuk kemasan 18 liter. Perpaket 18 liter dijual dengan harga Rp243.000,- (dua ratus empat puluh tiga ribu rupiah)


Penjualan migor murah ini dilakukan di dua lokasi yaitu di Kantor DKUPP dan Paguyuban UMKM di Warung GKP Taman Manula.


Di Taman Manula, disediakan 4800 liter khusus untuk para UMKM yang telah terdaftar. Di Kantor DKUPP disediakan 14.000 liter untuk masyarakat umum yang berjualan gorengan ataupun para PKL.


Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin 

mengungkapkan, pelaku usaha kecil memang sangat terdampak dengan adanya kelangkaan minyak goreng dengan harga yang mahal. Maka dari itu pemkot berupaya untuk meringankan dan hadir untuk memberikan solusi.


Wali Kota mengatakan kedepan kegiatan operasi pasar migor murah ini bisa dilakukan di kelurahan masing-masing. Kelurahan nanti akan mendapatkan harga minyak goreng murah, jadi masyarakat bisa terbantu.


"Insyaallah, sebelum puasa sudah berjalan program tersebut,” ungkap wali kota yang dalam operasi itu ikut menyerahkan migor yang terbungkus kardus itu kepada warga.


Kepala DKUPP Kota Probolinggo

Fitriawati menjelaskan bahwa pemerintah kota probolinggo akan terus berupaya untuk terus menyediakan stok Migor kepada masyarakat. 


Kegiatan kali ini kami bekerjasama dengan pihak produsen Migor dari Sidoarjo Jawa Timur. Kerjasama ini langsung antara DKUPP dengan pihak Produsen Migor PT Megah Surya Mas Sidoarjo.


"DKUPP dalam hal ini hanya menjualkan saja, Produsen mendatangkan kami menjualkan. Kerjasama ini atas nama Dinas," terang Fitriawati. 


Ia juga jelaskan, kegiatan kali ini adalah yang ketiga kalinya dalam operasi pasar migor murah. Dan sekarang masih proses untuk operasi pasar migor lagi menjelang bulan puasa Ramadhan.


Fitriawati katakan, untuk operasi pasar Migor murah jelang bulan Ramadhan ini agak besar jumlahnya. Untuk menghindari kerumunan, karena saat ini masih pandemi, rencananya nanti operasi pasar migor murah akan dilakukan di masing masing kelurahan. Namun sekarang masih proses, dan masih berusaha untuk mendapatkan migor yang lebih banyak lagi.


Nurul, salah satu warga yang mempunyai usaha catering, sangat bersyukur dengan adanya operasi pasar migor untuk pelaku usaha ini.


Dia juga mengaku sangat terbantu dengan operasi pasar migor murah yang digelar oleh DKUPP.


"Saya sehari pakai 2-3 liter, harganya Rp 34.000 per 2 liter, kadang nemu paling murah Rp 30.000. Teman-teman lain sesama PKL juga sangat terbantu dengan operasi pasar Migor yang digelar DKUPP ini," ujar Nurul yang berharap juga program ini sering-sering diadakan. (Ina).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama