Habib Hadi Apresiasi Kegiatan Karya Bhakti TNI Yang Digagas Kodim 0820 Probolinggo

Foto: Wali Kota Probolinggo Habib Hadi bersama Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arh Arif Budi Cahyono saat meninjau Karya Bhakti TNI Manunggal Air di sepanjang aliran sungai Jalan Ir Sutami Kelurahan Kedung Galeng Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo, Jumat (11/3/22).


Probolinggo, Rakyatnusantara.net - Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengapresiasi kegiatan kerja bakti yang tergabung dalam agenda Karya Bhakti TNI Manunggal Air di sepanjang aliran sungai Jalan Ir. Sutami, Kelurahan Kedung Galeng, Kecamatan Wonoasih yang digagas oleh Kodim 0820 Probolinggo.


Apresiasi itu disampaikan oleh Wali Kota saat ia bersama Komandan Kodim (Dandim) 0820 Probolinggo Letkol Arh Arif Budi Cahyono meninjau langsung di lokasi Karya Bhakti Manunggal Air dengan melaksanakan giat perdana kerja bakti pengerukan terhadap sedimentasi sungai atau pengendapan material sedalam lebih dari 50 cm, di sepanjang aliran sungai Jalan Ir. Sutami di wilayah selatan kota, Jumat (11/3/22).


“Ini adalah wujud harapan dari peranan edukasi lingkungan pada masyarakat yang tak henti kami serukan. Karena apabila masyarakat tidak memiliki kesadaran untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungannya, maka potensi bencana atau hal-hal yang tidak diinginkan pasti bermunculan,” kata Habib Hadi, sapaan akrab Wali Kota Probolinggo ini.


Untuk mendukung giat tersebut, tampak sejumlah fasilitas diterjunkan langsung ke lokasi, baik dari kantor Kelurahan Kedung Galeng, Kecamatan Wonoasih, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pemukiman (DPUPR) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).


Alat alat tersebut diantaranya backhoe untuk mengeruk endapan tanah dari sungai dan sejumlah dump truck sebagai pengangkut tanah yang sudah dikeruk dari sungai dan sampah yang berasal dari ranting pohon.


Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arh Arip menyampaikan kegiatan ini merupakan program yang digagas oleh Kodim 08/20 Probolinggo bekerjasama dengan Pemkot Probolinggo dan masyarakat sebagai sarana untuk membina hubungan komunikasi dengan masyarakat berjalan dengan baik serta harmonis sehingga tujuan kemanunggalan TNI, Pemerintah dengan masyarakat bisa terwujud.


“Fokus pelaksanaannya di wilayah Kota Probolinggo, dan kami sangat disupport oleh wali kota dengan menerjunkan tim dari dinas terkait beserta fasilitas alat berat diantaranya truk pengangkut sampah lengkap dengan personil petugasnya,” sebutnya.


Dandim menjelaskan, Karya bhakti merupakan wujud cinta TNI kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) untuk membantu masyarakat, dilakukan secara rutin. Manfaatnya bisa dinikmati oleh masyarakat, dengan tujuan untuk membangun kebersaman, kesadaran maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan.


“Agenda ini akan kami buat rutin, sementara kami jadwalkan setiap hari Jumat. Ini sudah kami koordinasikan dengan Pak Wali, terkait jadwal dan prioritas mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Karena beliau yang tahu persis wilayah mana yang potensinya besar terhadap banjir. Itu yang akan kita kerjakan terlebih dahulu,” ujar Dandim Letkol Arh Arif Budi Cahyono.


Diharapkan melalui kegiatan ini dapat diciptakan kebersamaan antara TNI, Pemerintah serta masyarakat dan komponen-komponen lain bersama sama bertanggung jawab saling membantu dan bergotong royong menjaga lingkungan sekitar.


Menurut Dandim, apabila sungai ini tidak bersih, dampaknya sungai akan banjir, lingkungan menjadi tidak rapi dan tidak sehat. Dalam menjaga kebersihan lingkungan ini bukan kewajiban pemerintah semata, namun tanggung jawab bersama seluruh pihak.


Karena itu Dandim Letkol Arh Arif Budi Cahyono mengimbau masyarakat untuk memiliki kesadaran yang sama dan lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Salah satunya tidak membuang sampah sembarangan sehingga apa yang dilakukan tidak menjadi percuma atau sia-sia. (Ina).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama