Kampung Pancasila Sebagai Wujud Ke Bhinekaan, Desa Sungai Kupang Jaya Sebagai Pelopor Pertama Di Bumi Saijaan

  


KOTABARU – Pancasila merupakan Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satu program TNI Angkatan Darat yaitu mewujudkan Kampung Pancasila yang di mana setiap Kodim diwajibkan harus terbentuk Kampung Pancasila.


Di wilayah Kodim 1004/Kotabaru menunjuk Desa Sungai Kupang Jaya, Kecamatan Kelumpang Selatan, Desa Sebelimbingan, Kecamatan Pulau Laut Utara dan Desa Berangas, Kecamatan Pulau Laut Timur.Kabupaten Kotabaru yang akan dicanangkan menjadi Kampung Pancasila. 


Desa Sungai Kupang Jaya menjadi pioner dan perdana dalam pengukuhannya di Bumi Saijaan sementara untuk dua desa yang lain masih dalam proses pembentukan. 


Pencanangan yang dilakukan di depan kantor Desa Sungai Kupang Jaya, dihadiri oleh Danramil 1004-10/Kelumpang Hilir Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) dan para tokoh pemuka masyarakat.(Jumat 25/03/2022).


Program dari TNI Angkatan Darat (AD) sebagaimana instruksi dari Panglima TNI inipun sanagat disambut antusias oleh masyarakat Desa Sungai Kupang Jaya. Dengan keberagaman suku, baik Jawa, Banjar, Bugis, Sunda, bahkan suku dari Timor, hidup berdamping dengan rukun dan damai. Mereka menggantungkan hidup dari hasil pertanian dan perkebunan.


Komandan Kodim (Dandim) 1004/Kotabaru yang diwakili Danramil 1004-10 Kelumpang Hilir Kapten Inf Mustadir menuturkan, kami mengucapkan banyak terima kasih atas dicanangkannya Desa Sungai Kupang Jaya sebagai kampung Pancasila. Salah satu tujuannya adalah untuk mencegah terbentuknya kembali paham radikalisme dan lainnya, sehingga ke Bhinekaan Tunggal Ika tetap terjaga sebagaimana harapan,” terangnya.


Senada dengan itu, Camat Kelumpang Selatan, Akhmad Mawardi, sangat mengapresiasi atas dicanangkannya Desa Sungai Kupang Jaya menjadi Kampung Pancasila. Itu menjadi kebanggaan tersendiri. Ditambah untuk SDN Sungai Kupang Jaya juga akan dicanangkan menjadi sekolah Pancasila. Tutupnya. (pen1004)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama