Koramil Bunyu Siapkan Bibit Trembesi

 


Tanjung Selor, Danramil beserta anggota Koramil 0903-03/Bunyu melaksanakan pembibitan pohon trembesi dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kodam VI/Mlw yang akan dilaksanakan penanaman serentak rencananya akan dilakukan pada saat HUT Kodam VI/Mulawarman, 19 Juli 2022 mendatang.


Kapten Inf Ngang Ului Usat Danramil 0903-03/Bunyu menyampaikan kami melaksanakan pembibitan pohon trembesi sebanyak 500 bibit di masing masing Koramil yang ada di wilayah Kodim 0903/Bulungan, Selasa (22/3/2022).


Trembesi (Albizia saman sinonim Samanea saman) merupakan pohon yang kelak bisa mencapai ketinggian hingga 20 meter dan tajuknya yang sangat lebar. Pohon Trembesi mempunyai jaringan akar yang luas sehingga kurang cocok ditanam di pekarangan karena bisa merusak bangunan dan jalan.


Pohon Trembesi dari satu batang Trembesi dewasa mampu menyerap 28 Ton karbondioksida (CO2) pertahunnya. Pohon Trembesi ini juga memiliki kemampuan menyerap air tanah yang kuat. 


Pohon ini dipercaya mampu memberikan kontribusi dalam menanggulangi pencemaran udara dan ancaman pemanasan global. Sayangnya pohon ini mempunyai jaringan akar yang besar dan luas sehingga sering kali merusak bangunan di sekitarnya. Selain itu tajuknya yang lebar dan daunnya yang rimbun sering kali menghambat pertumbuhan pepohonan lain yang berada di bawahnya.


Penanaman serentak rencananya akan dilakukan pada saat HUT Kodam VI/Mulawarman, 19 Juli 2022 mendatang. Dengan adanya persiapan ini, kami siap dan optimis dapat memeriahkan HUT Kodam VI Mulawarman sesuai dengan perintah Komando Atas.


Selain memperingati HUT Kodam, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan contoh kepada masyarakat, agar peduli terhadap penghijauan lingkungan setempat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama