Menpura Polisi Probolinggo Kota Beri Hadiah Bagi Pemotor Yang Tertib Berlalulintas

 

Foto: Giat Menpura Polisi Satlantas Polres Probolinggo Kota memberi hadiah kepada pemotor yang tertib berlalulintas, Senin (21/3/22) siang.

Probolinggo, Rakyatnusantara.net - Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1443 H, Polisi jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Probolinggo Kota Polda Jawa Timur, menghimbau dan mengedukasi kepada masyarakat agar tertib berlalulintas dijalan raya. 


Bahkan untuk mengedukasi masyarakat agar mau tertib berlalulintas, Satlantas Polres Probolinggo Kota membuat kegiatan Menjelang Bulan Ramadhan yang disingkat dengan kegiatan 'Menpura'.


Dalam kegiatan Menpura ini, Petugas Satlantas memberikan buku saku Surat Yasin kepada pengendara motor (Pemotor) yang tak tertib berlalulintas. Hal itu dilakukan guna meningkatkan kesadaran pengendara motor (Pemotor) agar mau tertib berlalulintas saat berkendara dijalan raya.


Dan bagi pengendara motor yang tertib berlalu lintas, petugas dari korps sabuk putih itu memberikan hijab bagi pengendara perempuan, dan untuk pengendara pria oleh petugas diberi hadiah songkok.


"Tujuan diberikannya buku saku Surat Yasin dan perangkat ibadah ini, agar para pelanggar sadar apa yang dilakukan itu perbuatan yang salah, dan agar tidak mengulangi kembali pelanggaran lalu lintas, serta untuk peningkatan iman dan taqwa di bulan puasa (Ramadhan) yang tinggal 2 pekan ini," ujar Kasatlantas Polres Probolinggo Kota AKP Roni Faslah, Senin (21/3/22) disela sela kegiatan Menpura.


Dijelaskannya, kegiatan Satlantas Polres Probolinggo Kota, yang dinamakan 'Menpura' (Menjelang Bulan Ramadhan), petugas mengajak warga untuk tertib berlalulintas dan tertib protokol kesehatan, agar bisa melakukan ibadah puasa di bulan penuh rahmad dan ampunan, bisa melaksanakan puasa dengan sehat dan lebaran semangat di hari yang penuh fitri nanti.


"Giat Menpura ini, akan terus dilakukan hingga mendekati Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah dan pemberlakuan Operasi Ketupat Semeru 2022 nanti," terang AKP Roni Faslah.


Salah satu pelanggar, Muhsin (45), warga Perumahan Maharani, Kota Probolinggo, diberhentikan petugas karena tidak pakai helm dan masker saat naik motor roda 3 untuk kirim air mineral dan tabung gas elpiji. Ia pun diberi himbauan akan bahaya tak tertib berlalulintas dijalan raya sangat membahayakan keselamatan jiwanya sendiri dan jiwa orang lain.


Karena tak tertib berlalulintas Yasin oleh petugas diberi hadiah buku saku Surat Yasin, agar dia sadar telah melakukan pelanggaran berlalulintas, dan selanjutnya malu untuk tak tertib berlalulintas saat berkendara dijalan raya.


Kepada media ini Muhsin mengakui telah melanggar tidak pakai helm dan masker saat naik motor roda 3 untuk kirim air mineral dan tabung gas elpiji. 


"Ia pak, karena saya melanggar, tak tertib berlalulintas, saya diberi himbauan oleh bapak Polisi tentang bahaya tidak tertib berlalulintas dijalan raya bisa menyebabkan kecelakaan dan membahayakan keselamatan jiwa orang lain. Saya juga diperingatkan untuk tidak melakukan pelanggaran lagi," terang Muhsin.


Saya oleh bapak polisi juga diberi buku Yasin, untuk dibaca untuk meningkatkan keimanan di bulan Suci Ramadhan, tambahnya.


Aryati (40), juga salah satu pemotor, karena tertib berlalulintas, oleh petugas ia diberi hadiah hijab. Ia juga katakan kerudung hadiah dari bapak polisi Polres Probolinggo Kota, sangat bagus.


Menurutnya, bapak polisi Satlantas Polres Probolinggo Kota sangat humanis saat memberi edukasi dan himbauan tertib berlalulintas kepada pemotor.


Dalam giat Menpura ini Petugas Satuan Lalulintas Polres Probolinggo Kota, terus melakukan upaya agar masyarakat semuanya bisa tertib berlalulintas. (Ina).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama