Pastikan Aman, Babinsa dan Warga Desa Ranulogong Lumajang Kontrol Jaringan Transmisi Pipa Sarana Air Bersih

  


Lumajang, Pendim 0821 - Babinsa Ranulogong Koramil 0821/07 Randuagung Serda Agus Suheri dan masyarakat mengecek normalisasi pipa saluran air minum, di Dusun Karang Anyar Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Selasa (15/3/2022).


Saat kegiatan itu, Agus mengatakan, bahwa sarana air bersih (SAB) merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Oleh karena itu, untuk mewujudkan pemenuhan dan sanitasi yang berkesinambungan, dibutuhkan pengelolaan dan pemeliharaan sarana tersebut dengan baik.


"Salah satu dari yang kami lakukan ini dengan mengecek saluran. Kami pastikan aman dan dalam kondisi baik. Sehingga kebutuhan air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari - hari akan tetap terjaga," kata dia.


Selain itu, dikatakan Agus, bahwa kebutuhan air bersih di wilayah binaannya, bergantung dengan sumber mata air di pegunungan. Oleh karena itu saluran air (pipanisasi) dan bak penampungan air harus dirawat.


“Pengecekan dilakukan secara rutin, sesuai jadwal yang ditentukan, dan disini sifatnya bersinergi. Manakala warga menemukan kerusakan sewaktu - waktu, itu dikoordinasikan dan kita tangani bersama - sama," ujarnya.


Ia menambahkan, bahwa pendampingan yang dilakukan juga bertujuan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka mendukung tercapainya tugas pokok TNI AD. 


"Babinsa yang merupakan ujung tombak satkowil, harus memahami dan selalu memonitoring desa binaan, hal ini sebagai upaya mengetahui kondisi sosial yang berkembang di wilayah," imbuhnya. (Pendim 0821/Fj)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama