Peduli Kesehatan Ibu dan Anak, Babinsa Kaliboto Kidul Dampingi Posyandu

 


Lumajang, Pendim 0821 - Sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan Ibu dan anak di wilayah, Babinsa Kaliboto Kidul Koramil 0821/12 Jatiroto melaksanakan monitoring dan pendampingan kegiatan Posyandu Anggrek, di Dusun Ranupakis Desa Kaliboto Kidul. Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (22/3/2022).


Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Kaliboto Kidul Sertu Fahrur Rosi menyampaikan, bahwa Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan kegiatan dibidang kesehatan yang dilaksanakan secara swadaya dari masayarakat dengan tujuan sebagai upaya mengetahui sejauh mana kesehatan Balita dan Ibu hamil.


Menurutnya, peran sertanya dalam mendampingi kegiatan Posyandu, merupakan salah satu upaya melaksanakan tugas pembinaan wilayah,  terhadap kesehatan masyarakat, bagi Balita dan ibu hamil di tingkat RT dan RW.


“Kegiatan Posyandu ini diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat, melalui kader-kader dimasing-masing lingkungan, dengan demikian upaya kami selaku mitra terus memberikan dorongan kepada warga untuk memanfaatkan Posyandu sebagai sarana berkomunikasi sebagai wujud kepedulian kita terhadap kesehatan masyarakat,” kata dia.


Sementara itu, disela sela kegiatan tersebut, Bidan Desa Kaliboto Kidul Dwi Wahyuni, Amd. Keb., menjelaskan, bahwa Posyandu merupakan upaya pemerintah melalui Dinas Kesehatan untuk memudahkan masyarakat memperoleh pelayanan di bidang kesehatan, serta monitoring dalam mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi, baik saat kehamilan, persalinan maupun perawatan setelah melahirkan. 


Lanjut dia, dalam kegiatan posyandu, tidak hanya berinteraksi ke pelayanan kesehatan saja, tetapi juga memberikan vitamin dan asupan makanan tambahan, agar dapat meningkatkan gizi untuk balita dan ibu hamil.


“Terima kasih kepada Babinsa yang telah aktif mendampingi setiap pelaksanaan Posyandu di Desa Kaliboto Kidul. Semoga upaya bersama ini dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, bagi ibu hamil, anak-anak dan balita khususnya yang ada di Dusun Ranupakis Desa Kaliboto Kidul,” pungkasnya. (Pendim0821)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama