Tingkatkan Pelayanan Kamtibmas Polres Probolinggo Kota Luncurkan Aplikasi Prabu Presisi Mangga Manis

Foto: Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa'bani, saat menyampaikan penjelasan kinerja Aplikasi Prabu Presisi Mangga Manis kepada para Kasat dan PJU Polres Probolinggo Kota, Senin (7/3/22).


Probolinggo, Rakyatnusantara.net - Dalam rangka meningkatkan pelayanan dibidang Kamtibmas Polres Probolinggo Kota Polda Jawa Timur meluncurkan Aplikasi Prabu Presisi Mangga Manis (Aman Nyaman Terjaga dan Humanis).


Aplikasi Prabu Presisi Mangga Manis ini merupakan aplikasi yang dapat di accses dan di download melalui handpone android oleh seluruh masyarakat yang membutuhkan kehadiran, pertolongan, perlindungan dan pelayanan dari petugas Kepolisian terkait situasi kamtibnas (keamananan ketertiban masyarakat) guna terwujudnya Probolinggo Kota yang aman terjaga nyaman dan humanis (Mangga Manis)


Hal itu disampaikan oleh Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa'bani saat peluncuran Aplikasi Prabu Presisi Mangga Manis, yang dihadiri oleh para Kasat dan PJU Polres Probolinggo Kota, Senin (7/3/22).


Disebutkannya, Aplikasi Prabu Presisi ini terdiri dari beberapa menu yaitu ; 

1). Panic Button, M

merupakan tombol digital yang dapat di klik oleh masyarakat yang  mengalami, melihat, dan mendengar suatu peristiwa terkait gangguan Kamtibmas yang

membutuhkan segera kehadiran petugas Kepolisian.


2). Laporan/Aduan/Informasi, merupakan menu yang dapat di access dan di gunakan oleh masyarakat untuk melaporkan/mengadukan/memberikan informasi berupa tulisan terhadap suatu peristiwa atau kejadian yang dialami sendiri, didengar, dilihat, dengan lampirkan foto serta mengirimkan lokasi tempat kejadian peristiwanya.  


Sedang sistem kerja Aplikasi tersebut, menurut penjelasan AKBP Wadi Sa'bani,

masyarakat yang membutuhkan kehadiran segera petugas Kepolisian cukup mengeklik 2× tombol Panic Button. 


"Setelag mengeklik 2× tombol Panic Button, secara otomatis pangilan serta lokasi yang akan termonitor di commend center Prabu Presisi Mangga Manis yang ada di Polres Probolinggo kota," terang AKBP Wadi Sa'bani.


Setelah muncul pangilan panic atau notifikasi laporan/aduan/informasi di layar dasbor commend center, operator akan meneruskan panggilan dan lokasi tersebut kepada team Pamor Keris (Patrol Bermotor Keamanan Presisi Semeru) Polres Probolinggo Kota. 


Selanjutnya Team Pamor Keris segera menindak lanjuti dengan mendatangi lokasi yang telah di berikan commend center untuk mengetahui peristiwa apa yang terjadi .


"Team Pamor Keris selanjutnya melaporkan kepada commend center tentang peristiwa yang terjadi dan menyampaikan upaya Kepolisisan lanjutan atau membantu permasalahan secara langsung di lokasi masyarakat dan kemudian melaporkannya ke comennd center," jelas Perwira Polisi lulusan Akpol tahun 2003 ini. (Ina).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama