Kapolresta Hadiri Acara Halal Bi Halal, Dharmasanti Nyepi dan Waisak di Kementrian Agama

  


Polresta Jayapura Kota - Bertempat di Kantor Kementrian Agama Kota Jayapura, Kapolresta Jayapura Kota AKBP Dr. Victor D. Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si menghadiri acara Halal Bi Halal yang dirangkaian dengan Perayaan Dharmasanti Nyepi dan Waisak yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama Kota Jayapura. 


Kegiatan tersebut mengambil thema "Moderasi Beragama Demi Mewujudkan Satu Hati Membangun Kota Untuk Kemuliaan Tuhan Menuju Indonesia Tangguh".


Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Prov. Papua Pdt. Amsal Yowei, SE., M.Pd.K, Asisten III Setda Kota Jayapura Drs. Amos Salossa, M.Si, Ketua Pengadilan Agama Kelas 1A Kota Jayapura Zaenal R. Puarada, S.H.I, Ketua MUI Kota Jayapura K.H. Zulham Ma'Mun, Wakil Ketua FKUB Kota Jayapura Pdt. Jhon Leleuli, S.M.Th, SH dan Tokoh-tokoh Agama di Kota Jayapura. 


Dalam sambutan Asisten III Setda Kota Jayapura Drs. Amos Salossa, M.Si mengatakan kerukunan antar umat beragama kita ibaratkan sebagai taman karena taman bermacam-nacam warna, oleh karena itu dikota Jayapura agar menjaga keberagaman yang telah terjalin selama ini. 


"Kota Jayapura mendapat penghargaan Harmoni Award  dengan harapan di terapkannya budaya kita di Kota Jayapura untuk saling menjaga toleransi antar umat beragama yang selama ini telah terbangun, " imbuhnya. 


"Kami juga berharap kepada para tokoh agama, pimpinan tokoh agama untuk menyampaikan kepada umatnya agar tetap menjaga silaturahmi kerukunan antar umat beragama dan menjaga kota Jayapura menjadi aman dan kondusif, " Harap Asisten III. 


Sementara itu di tempat yang sama Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Papua Pdt. Amsal Youwe, SE., M.Pd mengatakan dengan membangun silaturahmi dan kebersamaan berbagai Agama ini sangat luar biasa, sehingga hari ini tentunya suatu acara yang spesial dan istimewah, karena semua Agama yang ada di kota Jayapura jadi satu sehingga Kota Jayapura mendapatkan Harmoni Award. 


"Hidup dengan saling menghargai dan menghormati pasti akan mengeluarkan sinar yang cerah, mungkin saudara ingat bahwa sang surya yang ada itu muncul dari timur kemudian mengeluarkan sinarnya ke arah barat, itulah kita yang berada dipapua yang pertama kali melihat surya menyinari alam, " ucapnya. 


Lebih lanjut kata Pdt. Amsal Youwe, servei telah membuktikan bahwa Indonesia sampai dengan tahun 2021 di kalangan Kementrian Agama RI telah dilakukan survei kerukunan antar umat beragama dimana Kota Jayapura dalam urutan kedua dalam kerukunan antar umat beragama se-Indonesia. 


"Karena kerja keras yang dilakukan baik pemerintah, tokoh Agama sangat luar biasa bersama Kementrian Agama dan seluruh umat beragama yang ada ditanah Papua dan ini terus kita jaga yang ada keyakinan kepercayaan bahwa dalam kerja keras ada interaksi sosial antara masyarakat sosial di Tanah Papua secara khusus di Kota Jayapura, " ucapnya. 


"Kementrian Agama adalah sangat mengayomi seluruh umat beragama yang ada di Papua, tidak minoritas maupun mayoritas namun semua adalah kita bekerjasama untuk saling menjaga kerukunan umat beragama agar terciptanya situasi kondisi yang aman di Papua, " tandanya. 


Penulis  : Andi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama