Tim Puslitbang Mabes Polri Lakukan Penelitian Tingkat Kepercayaan Publik di Mapolresta

  


Polresta Jayapura Kota,- Lakukan Penelitian tentang Tingkat Kepercayaan Publik atau Masyarakat terhadap Kinerja Polri T.A 2022, Tim Puslitbang Mabes Polri kunjungi Polresta Jayapura Kota, Senin (30/5) pagi.


Tim Puslitbang Mabes Polri yang datang dipimpin langsung Analis Puslitbang Mabes Polri KBP Saefudin Mohamad, S.I.K dan diterima oleh Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si dengan didampingi Kabag Ren Kompol Marthen L. Rona.


Turut hadir dari pihak masyarakat yang dilakukan wawancara terkait kinerja Polresta Jayapura Kota yakni Perwakilan dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, LSM, Tenaga Pendidik dan Instansi Pemerintah serta diikuti oleh Para Kepala Satuan Fungsi yang mengemban fungsi pelayanan publik.


Dalam sambutannya, Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si mengatakan pihaknya bersama personil dan undangan yang hadir siap untuk mengikuti Penelitian Tentang Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Polri T.A 2022 oleh Tim Puslitbang Mabes Polri yang datang di Mapolresta.


"Selamat datang kepada Tim Litbang Mabes Polri di Polresta Jayapura Kota, kami sangat berterima kasih dan apresiasi kepada seluruh undangan yang hadir, Perwakilan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, LSM, Tenaga Pendidik, Instansi Pemerintah dan masing - masing perwakilan Personil Polresta Jayapura Kota dari tiap fungsi," ucapnya.


Lanjutnya, pihaknya selaku Tuan Rumah sangat berterima kasih menjadi salah satu tempat / obyek penelitian dari Tim Puslitbang Mabes Polri, mudah - mudahan akan berdampak positif dan terlebih khusus pelayanan publik kepada masyarakat yang ada di Kota Jayapura.


Ditempat yang sama, Ketua Tim Litbang Mabes Polri KBP Saefudin menyampaikan giat ini merupakan kegiatan prioritas dari Bapak Kapolri, tugas polri sering menjadi sorotan baik media cetak maupun dari akademisi, salah satu instrumen penting sejauh mana Polri dapat memberikan pelayanan terbaik kepada msayarakat. Kita harus mengetahui bahwa Pelayanan Kepolisian belum juga dianggap maksimal, masih banyak komplain dari masyarakat terkait pelayanan Polri itu sendiri.


"Tim kami disini akan melaksanakan survey penelitian tingkat kepercayaan masyarakat, yang sebelumnya telah kita lakukan penelitian menggunakan metode kuantitatif melalui penyebaran kuisioner ke masyarakat, dan setelah ini kita akan melakukan penelitian menggunakan metode kualitatif melalui diskusi kelompok terpimpin / Focus Group Discussion dan Wawancara mendalam terhadap Perwakilan Tokoh Masyarakat yang hadir," tandasnya.


KBP Saefudin menuturkan, Polresta Jayapura Kota berdasarkan penelitian sebelumnya mendapatkan Nilai 81,43 dengan kategori sangat baik, dari data ini kita akan melaksanakan penggalangan materi, setelah itu kita akan mengeluarkan rekomendasi kepada pimpinan Polri, terkait formula pelayanan kepada masyarakat.


Kegiatan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion secara internal / tatap muka terhadap responden yang telah ditunjuk sesuai masing-masing fungsi dan peninjauan ruang pelayanan publik ke masing-masing satuan yang memberikan pelayanan.(*)


Penulis : Subhan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama