Pererat Silaturahmi dan Kerjasama Pertahanan Negara, Kodam IX/Udayana Terima Kunjungan Kehormatan NDC India




Denpasar – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., menerima kunjungan kehormatan delegasi National Defence College (NDC) India di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Jalan Udayana No. 1 Kota Denpasar, Provinsi Bali, Jumat (3/6/2022).


Kunjungan kehormatan delegasi NDC India tersebut pimpinan oleh Ketua Rombongan Senior Directing Staff Major General Manoj Kumar yang bertujuan untuk meningkatkan dan mempererat tali silaturahmi antara Kodam IX/Udayana dengan NDC India dan hubungan Negara Republik Indonesia dengan Negara India khususnya dalam bidang pertahanan.


Dalam kesempatan tersebut Pangdam menyampaikan sambutannya dengan mengucapkan selamat datang di Kodam IX/Udayana. “Semoga kunjungan ini dapat mempererat tali silaturahmi khususnya dalam bidang pertahanan dan saya akan memperkenalkan beberapa perwira tinggi yang ada di sini,” ucap Pangdam.

 

Selanjutnya Pangdam mengatakan, Kodam IX/Udayana memiliki tugas pokok adalah operasi dan pembinaan utama untuk mengamankan dan mempertahankan kedaulatan serta keutuhan NKRI khususnya di wilayah daratan yang ada di Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.


Kemudian, Indonesia dan India memiliki hubungan diplomatik yang baik dalam membangun ekonomi dan pertahanan negaranya masing-masing, sehingga kita perlu tetap menjaga kondisi dan situasi yang baik kedua negara. Khusus Provinsi Bali yang merupakan barometer dan menjadi primadona bagi wisatawan mancanegara, sehingga Kodam IX/Udayana selalu siap mendukung Pemerintah Indonesia khususnya Pemerintah Provinsi Bali dalam menjaga keamanan dam ketenteraman wilayah Bali bersama-sama dengan Instansi terkait lainnya.


“Salah satu peran strategis dalam tugas pokok kita adalah mendukung terwujudnya tugas pertahanan dan keamanan setiap negara melalui angkatan bersenjata di masing-masing negara itu sendiri,” tutur Pangdam pada saat mengakhiri sambutannya.


Kemudian Ketua Rombongan NDC India juga menyampaikan sambutannya dengan terlebih dahulu mengucapkan terima kasih kepada Pangdam IX/Udayana atas sambutan yang diberikan kepada Rombongan National Defence College India, pihaknya sangat mengapresiasi tentang hubungan kerja sama yang terjadi diantara India dengan Indonesia khususnya dalam Bidang Pertahanan. 


Kunjungan ini adalah suatu kehormatan bagi Delegasi NDC India, karena dapat bertatap muka langsung dengan Pangdam IX/Udayana beserta Staf Kodam IX/Udayaya. “Saya berharap hubungan kerjasama Indonesia dengan India dapat terjalin erat untuk kedepannya khususnya dalam Bidang Pertahanan,” pungkas Major General Manoj Kumar.


Kegiatan kunjungan kehormatan tersebut diakhiri dengan penyerahan cideramata dan sesi foto bersama. Pangdam didampingi oleh Kasdam IX/Udy, Irdam IX/Udy, Kapok Sahli Pangdam IX/Udy, Asrendam IX/Udy, para Asisten Kasdam IX/Udy dan Danpomdam IX/Udy. (Pendam IX/Udy)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama