Peringati Harganas,Kodim 0907/Trk Gandeng BKKBN Gelar KB Kesehatan Cegah Stanting.

  


Tarakan - Sebagai bentuk partisipasi TNI AD dalam memberdayakan wilayah pertahanan pada pengelolaan sumber daya manusia yang berkualitas serta mensukseskan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana, Kodim 0907/Trk gelar kegiatan program Keluarga Berencana (KB) Kesehatan dengan mengusung Tema Ayo Cegah Stanting,Agar Keluarga Bebas Stanting,di Makodim,Rabu(29/06/2022).


Walikota Tarakan dr.Khaerul M.Kes yang membuka acara tersebut menyampaikan bahwa upaya percepatan penurunan stunting merupakan prioritas nasional untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif. Maka, pemerintah terus berupaya bekerja sama dengan berbagai lintas sektor seperti TNI sudah terjalin sejak lama.


“Wujud nyata dari kerjasama itu diantaranya adalah program Manunggal TNI dan KB Kesehatan yang dicanangkan setiap tahun, pengawalan terhadap pelayanan KB di berbagai pelayanan kesehatan, serta peran aktifnya anggota TNI dalam kegiatan penyuluhan dan konseling KB sebagai motivator KB pria maupun wanita,” ucapnya.


Sementara itu Komandan Kodim 0907/Trk Letkol Inf Reza Fajar Lesmana,S.I.P.,M.Si.menambahkan bahwa selain memperingati Harganas 2022, kegiatan ini adalah salah satu wujud kepedulian dan peran serta satuan jajaran TNI dalam mensukseskan Program Kependudukan Keluarga Berencana (KB) dan Sejahtera bebas Stunting.


Pengertian Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.


Lanjutnya,Salah satu pencegahan stunting dengan perbaikan gizi. Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi untuk kemajuan.


“ Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk partisipasi TNI AD khusunya Kodim 0907/Trk dalam menyebarluaskan informasi akan pentingnya peran serta masyarakat pada kegiatan Program KB Kesehatan, yang diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam menangani permasalahan kependudukan dalam rangka mengendalikan laju pertumbuhan penduduk,” ungkapnya.


 Ia juga menegaskan Tujuan Kegiatan ini adalah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) guna meningkatkan kesehatan masyarakat serta membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan KB Kesehatan dan bebas Stunting di lingkungan masyarakat khususnya di wilayah binaan teritorial Kodim 0907/Trk,pungkasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama