Kodim 0903/Bulungan Gelar Posbindu (PTM) Penyakit Tidak Menular Pandu Sakti

 



Tanjung Selor, Kodim 0903/Bulungan laksanakan Kegiatan (Posbindu) Pos Pembinaan Terpadu (PTM) Penyakit Tidak Menular, Pandu Sakti Kodim 0903/Bulungan Korem 092/Mrl bertempat di depan Aula Makodim 0903/Bulungan jalan Kolonel Soetadji Kel Tanjung Selor Hilir Kec Tanjung Selor Kab Bulungan, Kamis (7/7/2022).


Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Akatoto, SH mengatakan kegiatan ini merupakan upaya dan sarana dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan serta pengendalian kesehatan prajurit dan persit terhadap risiko penyakit tidak menular yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik.


Posbindu PTM ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta anggota Kodim 0903/Bulungan beserta Persit dalam pencegahan dan deteksi dini resiko penyakit tidak menular sehingga kejadian PTM dapat di tekan.


Kegiatan yang dilaksanakan oleh kader kesehatan di Posbindu diantaranya wawancara terarah guna mengidentifikasi riwayat penyakit tidak menular, pengukuran berat badan tinggi badan lingkar perut, analisa lemak tubuh dan Indek Massa Tubuh (IMT) dan pemeriksaan tekanan darah serta konseling kepada Dokter Poskes Bulungan.


Ia mengungkapkan, salah satu faktor risiko PTM meliputi kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi dan hiperkolesterol.


Jadi yang perlu di ingat dalam penanggulangan PTM adalah dengan langkah ‘CERDIK’ yaitu Cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin beraktifitas fisik, Diet yang baik dan seimbang, Istirahat yang cukup dan kelola stres.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama