Pencegahan Wabah Penyakit Baru,Dinas Kesehatan Kab. Tapin Bekerjasama Dengan Babinsa dan Babinkamtibnas

  


Tapin - Sebagai bentuk pencegahan agar wabah penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada sapi di wilayah Kabupaten Tapin, kembali Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polsek Tapin Selatan bersama Dinas Kesehatan Kab. Tapin mendatangi kandang peternakan sapi guna memberikan suntikan vaksinasi kepada hewan ternak, Jumat (29/07).


Seperti dilakukan di sejumlah peternak sapi di Desa Harapan masa dan Kel Tambarangan Kec. Tapin Selatan Kab. Tapin, dinas Kesehatan di dampingi Babinsa Sertu Mudakir dan Bhabinkamtibmas Brigadir Adi Rusadi melaksanakan pemberian vaksin kepada hewan ternak sapi ada tiga peternakan dan tiap peternakan ada kurang 100 ekor sapi, yang berada di wilayah Kec. Tapin Selatan. 


Babinsa Koramil 1010-03/Tapin Selatan Sertu Mudakir menyampaikan, kami Bersinergi memberikan sosialisasi tentang wabah baru yang menyerang hewan. 


"Kali ini saya bersama Pak Babinkamtibnas dan dari Dinas Kesehatan Kab. Tapin melaksanakan sosialisasi terlebih dahulu, setelah pemeilik ternak sudah merasa paham kami mulai melaksanakan vaksinasi ke hewan ternak, dan alhamdulillah berjalan lancar," ujar Mudakir. 


Tak lupa petugas yang hadir menyampaikan kepada para pengelola peternakan sapi agar selalu menjaga kebersihan kandang, laksanakan secara rutin pembersihan kotoran sapi dan menyemprotkan disinfektan.


Selain itu, dapat ditambahkan dengan pemberian suplemen maupun obat-obatan hewan bila ada sapi yang terindikasi sakit, wabah PMK pada sapi dan binatang ternak lainnya, dapat ditangani dengan cepat karenanya agar sedapat mungkin para peternak untuk melaporkan ke pihak terkait bila ada yang terjangkit PMK. (Pd1010)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama