Penyuluhan Kelompok Tani dan Panen Raya Kec. Bungur, Babinsa dan Babinkamtibnas Bersinergi

  


Tapin - Upaya dalam mewujudkan ketahanan pangan Bintara Pembina Desa (Babinsa) harus selalu hadir di wilayah binaannya, selain melaksanakan tugas pokok sebagai prajurit TNI dan melaksanakan pembinaan teritorial di desanya.


Babinsa juga memiliki tugas-tugas tambahan salah satunya adalah mendampingi petani dalam bercocok tanam, hal ini merupakan wujud kepedulian TNI AD khususnya wilayah Kodim 1010/Tapin.


Kali ini Koramil 1010-01/Bungur ikut hadir acara hari lapang petani, kaji terap penyuluhan Padi Hybrida Supadi 89 di desa Bungur Baru RT.03 RW.02,  dalam membantu pemerintah pusat dan daerah untuk mewujudkan ketahanan pangan dan mensukseskan program Swasembada Pangan, Selasa (26/07).


Dalam penyuluhan yang dihadiri Kepala seksi bidang penyuluhan dinas tanaman pangan dan multikultural provinsi Kalimantan Selatan, yaitu bapak Novia Norfirdaus beserta rombongan muspika kecamatan bungur melaksanakan penyuluhan dan praktek lapangan di areal pertanian desa Bungur Baru.


Danramil 1010-01/Bungur Kapten Inf Syafri saat dikonfirmasi mengatakan pendampingan yang diberikan oleh Babinsa bukan hanya sekedar mendampingi dalam hal menanam saja. Yakni pendampingan dilakukan secara terus menerus, mulai dari masa tanam, perawatan hingga masa panen, “Tuturnya.


Hal ini terlihat seperti apa yang dilakukan oleh Serma Abdul Kadir Babinsa Koramil 1010-01/Bungur yang ikut melaksanakan acara penyuluhan bersama kelompok tani bapak Hanafiah di lokasi Desa Bungur Baru Kec. Bungur Kab. Tapin. 


"Dalam penyuluhan ini kita mendapat ilmu baru,  yang pasti bisa mengingatkan hasil padi hybrida bagus, kegiatan dilanjutkan panen padi jenis mikungga, "ujar babinsa


Sementara itu Camat Bungur ibu Retno menyampaikan, "terimakasih kepada Pak Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang selalu hadir memberikan pendampingan, semoga kedepannya silaturahmi ini tetap terjaga," tutupnya. 


Setelah penyuluhan, kegiatan dilanjutkan panen padi jenis mikungga dgn menggunakan mesin komben milik poktan membangun 2 bpk gazali Rahman dgn luas 13 borongan hasil panen 1,5 ton.(Pd1010)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama