Peringati HUT Kodam VI/Mulawarman, Danrem 092/Maharajalila Pimpin Ziarah di TMP Telabang Bangsa

 



Tanjung Selor - Komandan Korem (Danrem) 092/Maharajalila, Brigjen TNI Rifki, S.E., M.M. pimpin Upacara Ziarah rombongan dalam rangka memperingati HUT Kodam VI/Mulawarman Ke - 64 Tahun 2022, di Taman Makam Pahlawan Telabang Bangsa. Jumat (15/07/2022).


Ziarah rombongan dilaksanakan bertujuan untuk mengenang jasa para pejuang pahlawan yang telah gugur dan mengandung makna yang sangat dalam, karena selain sebagai sarana dan wahana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa.


Ziarah ini guna mengajak seluruh Prajurit TNI untuk dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah mengharumkan bumi pertiwi demi perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan. 


Pelaksanaan Ziarah rombongan ini diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjut mengheningkan Cipta dan peletakan Karangan Bunga serta diakhiri dengan tabur bunga di atas pusara makam Pahlawan Kusuma Negara oleh seluruh peserta ziarah. 


Usai pelaksanaan upacara Danrem 092/Maharajalila, Brigjen TNI Rifki, S.E., M.M menyampaikan bahwa kegiatan ziarah ini memiliki arti yang sangat penting bagi kita semua sebagai penerus bangsa untuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarma baktikan jiwa raganya kepada nusa dan bangsa.


Selain itu sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa menghargai jasa para pahlawaan. 


“Kegiatan ziarah ini memiliki makna yang sangat penting bagi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk menghormati dan menghargai jasa para pahlawan yang telah mendarma baktikan jiwa raganya bagi Nusa dan bangsa,” jelasnya. 


Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Akatoto, SH mengatakan kegiatan Ziarah Rombongan ini dalam rangka memperingati HUT Kodam VI/Mulawarman Ke - 64 Tahun 2022 yang mana sebelumnya kita sudah mengawali dengan kegiatan bakti sosial Donor Darah, anjangsana dan karya bakti yang dilakukan serentak diseluruh wilayah Kotama Masing masing kemudian dilanjutkan dengan Ziarah Taman Makan Pahlawan.


Kegiatan ini merupakan wujud dari sejarah kita mengenang jasa para pahlawan bahwasanya TNI berasal dari Rakyat dan kembali untuk Rakyat. TNI adalah kita, kita adalah bagian dari Rakyat sehingga harapannya cita-cita TNI untuk mewujudkan profesionalitas kita dalam rangka pelaksanaan tugas kedepan, ungkapnya.


Ziarah ini untuk mengenang, menghormati, mentauladani jasa-jasa dan perjuangan para Pahlawan Kusuma Bangsa yang telah gugur membela dan mempertahanakan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, terangnya.


Melalui ziarah ini diharapkan dapat menginspirasi generasi penerus untuk meneruskan semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan, ujarnya.


Hadir dalam kegiatan Ziarah Nasional ini Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcabrem 092 PD VI/Mlw, Kasrem 092/Mrl, para Kasi Kasrem 092/Mrl, Dandim 0903/Bulungan, Danbrigif 24/BC, Dandim 0910/Mln, Dandim 0914/Tnt, Para Kabalak Rem 092/Mrl, Ibu persit dan para PA, BA, dan Ta Bintara Rem 092/Mrl dan Kodim 0903/Bulungan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama