Sosialisasikan Penyakit PMK Bhabinkamtibmas Sambangi Peternak Sapi

 



UBUD - Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Polsek Ubud Polres Gianyar Aiptu I Made Widastra melaksanakan sambang di tempat pemeliharaan ternak sapi milik I Gusti Putu Puja di Banjar Jukut Paku, Desa Singakerta. Kamis (21/07/2022) pukul 14.30 wita.


Kegiatan sambang dan bertemu warga di Desa binaan dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Aiptu I Made Widastra dalam rangka melakukan sosialisasi kepada warga tentang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan berkuku genap seperti sapi yang saat ini sedang mewabah.


Pada kegiatan ini, Aiptu I Made Widastra menghimbau warga agar selalu memantau dan menjaga kebersihan kandang maupun hewan ternaknya serta mengenali sejak dini ciri-ciri  hewan sapi yang terserang PMK yang penularanya sangat cepat. 


Aiptu I Made Widastra juga meminta kepada warga apabila menemukan gejala-gejala PMK pada hewan ternak sapi, agar segera melaporkannya ke Puskeswan, atau Perangkat Desa atau bisa juga lapor kepada Bhabinkamtibmas supaya segera mendapatkan penanganan oleh instansi terkait. 


"Meskipun Penyakit Mulut dan Kuku tersebut tidak menular kepada manusia, namun tetap bisa menular kepada hewan ternak lainya," kata Aiptu I Made Widastra. 


Sementara itu ditempat terpisah Kapolsek Ubud Kompol I Made Tama, S.H., saat dikonfirmasi mengatakan, "Saat ini sedang marak PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang menyerang hewan ternak khususnya sapi." "Meskipun sampai saat ini untuk di Kabupaten Gianyar khususnya Kecamatan Ubud belum ditemukan kasus PMK, namun perlu kita waspadai dan antisipasi bersama mengingat penyebarannya sangat cepat," kata Kompol I Made Tama, S.H.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama