BANGGA MELAYANI BANGSA, KANWIL KEMENKUMHAM BALI IKUTI WEBINAR SDM KEMENKUMHAM BERAKHLAK




DENPASAR - Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika ke-77 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2022, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan Hak Asasi Manusia mengadakan kegiatan Webinar dengan tema "Webinar SDM KemenkumHam Berakhlak – Bangga Melayani Bangsa" pada Senin (15/8).


Webinar yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting ini diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali (Kakanwil Kemenkumham Bali) Anggiat Napitupulu, Pejabat Administrator, dan seluruh ASN dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali.


Kegiatan Webinar ini diawali dengan sambutan dari Kepala BPSDM Hukum dan HAM, Dr. Asep Kurnia. Dalam sambutannya Asep menekankan tentang "Peningkatan Kompetensi Mewujudkan SDM Berakhlak". Asep mengingatkan kembali Core Values ASN yaitu BerAKHLAK yang merupakan akronim dari Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.


"Nilai-nilai dasar BerAKHLAK menjadi dasar penguatan budaya kerja di instansi pemerintah untuk mendukung pencapaian kinerja individu dan tujuan organisasi/instansi." tegas Asep.


Dilanjutkan pemaparan materi dari para Narasumber yang hadir. Materi pertama dipaparkan oleh Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan RB, Dr. Alex Denni. Materi yang dibawakannya menekankan tentang "Core Values ASN Bangga Melayani Bangsa".


Dalam paparannya menjelaskan bagaimana dari hasil survey yang telah dilakukan terkuak bahwa ada 1/8 dari ASN baru yang ternyata memilih menjadi ASN karena berpikir bahwa menjadi ASN adalah mengamankan masa depan. Hal ini yang harus di hindari bahwa menjadi ASN haruslah didasari rasa ingin mengabdi kepada bangsa dan bangga melayani bangsa.


"Ayo bersama-sama kita bangun Employer Branding ASN yang kuat di masyarakat: Bangga Melayani Bangsa" ajak Denni.


Materi kedua dipaparkan oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham, Ir. Razilu, M.Si yang menyampaikan materi tentang "SDM Kemenkumham Berakhlak dan Berintegritas".


Menurut Razilu, setiap ASN harus mengimplementasikan nilai-nilai BerAKHLAK yang merupakan Core Values ASN dalam kehidupan sehari-hari. Razilu juga menekankan tentang integritas, menurutnya integritas merupakan benchmark, rujukan, atau tujuan yang digunakan dalam membuat keputusan yang berdasarkan pada kebenaran dan kejujuran.


"Untuk mencapai kualitas terbaik dari suatu Program/Kegiatan, pastikan menerapkan perilaku berintegritas mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, sampai monitoring" tegas Razilu.


Terakhir, materi dibawakan oleh Eloy Zalukhu, MBA yang memyampaikan materi tentang "Membangun Karakter BerAKHLAK SDM Kementerian Hukum dan HAM".


Dalam materi yang dipaparkannya, Eloy mengajarkan kita untuk mengubah mindset agar dapat bekerja secara profesional dan memiliki integritas kepada instansi.


Diharapkan dengan diselenggarakannya Webinar SDM KemenkumHam Berakhlak – Bangga Melayani Bangsa ini, seluruh ASN Kementerian Hukum dan HAM semakin sadar dengan Core Value ASN, pengabdian, dan integritas yang harus dimiliki ASN kepada bangsa dan negara.  *

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama