Bacakan Amanat Kasad, Kasdim 0903/Bulungan Pimpin Upacara Bendera 17-an

  


Tanjung Selor, Setiap tanggal 17 Kodim 0903/Bulungan secara rutin menyelenggarakan upacara bendera. Kali ini Upacara bendera yang diikuti seluruh Prajurit dan PNS Jajaran Kodim 0903/Bulungan di selenggarakan di Lapangan Upacara Makodim 0903/Bulungan Jalan Kolonel Soetadji Tanjung Selor, Kamis (17/11/2022).


Dalam kesempatan tersebut Kasdim 0903/Bulungan Letkol Inf Agus Sulistiyo, S. Sos., M. Si membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. ucapan terima kasih yang tulus serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh prajurit dan PNS Angkatan Darat, sehingga sampai saat ini kepercayaan masyarakat terhadap TNI AD masih terjaga dengan baik.


Kasad juga mengapresiasi dan merasa bangga kepada seluruh prajurit TNI AD yang terlibat dalam pengamanan dan mendukung pelaksanaan KTT G-20 yang diselenggarakan di Bali pada tanggal 15-16 November 2022 kemarin, telah berjalan sukses dan lancar. Hal ini menunjukkan bangsa kita memiliki kapasitas dan kemampuan sebagai tuan rumah yang baik untuk melaksanakan event-event internasional dan pertemuan penting sejenis lainnya.


Memasuki akhir Semester Kedua Ta. 2022, saya perlu mengingatkan kepada para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk mengecek kembali program-program yang sudah dijalankan, sudah seberapa besar penyerapan anggaran yang dipertanggungjawabkan. Bila ada kendala segera dilaporkan dan ditindaklanjuti, agar di akhir tahun tidak ada anggaran yang tidak terserap, karena keteledoran atau kesalahan administrasi. TNI AD harus makin memantapkan kerja dan kinerja yang efektiff, efisien, transparan, akuntabel serta bertanggung jawab.


Kasad juga menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab serta bentuk kepedulian TNI AD sebagai bagian dari komponen bangsa antara lain Perlu diwaspadai terjadinya fenomena bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung serta bencana alam lainnya yang terjadi belakangan akibat dari intensitas curah hujan yang cukup tinggi disertai badai dan angin topan. Oleh karenanya tingkatkan koordinasi dan sinergi dengan komponen bangsa lainnya untuk bersama-sama melakukan antisipasi dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.


TNI AD telah mencanangkan beberapa program unggulan dalam rangka membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti, program ketahanan pangan, TNI AD Manunggal Air, penanganan stunting dan masalah kesehatan lainnya, rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta program terbaru yaitu Babinsa Masuk Dapur. Semua program tersebut sangat mulia dan bila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sesuai kemampuan yang kita miliki, maka manfaatnya akan sangat dirasakan oleh masyarakat. Hal ini juga menjadi implementasi dari salah satu 7 Perintah Harian Kasad yaitu “TNI AD harus hadir di tenah kesulitan rakyat serta mampu memberikan solusi terbaik”.


Pandemi Covid 19 masih belum berkahir dan dinegara kita ada kecenderungan kasusnya kembali meningkat, setelah munculnya subvarian baru Covid 19 yang disebut XBB. Kondisi ini menunjukkan bahwa kita belum sepenuhnya aman terhadap penyebaran Covid 19, sehingga harus tetap waspada menjaga kesehatan dengan baik. Lanjutkan membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid 19 dan pemulihan ekonomi nasional.


Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 sudah berjalan. Dinamika politik untuk menyongsong pesta demokrasi telah diawali dengan pendaftaran dan penetapan sejumlah partai politik yang telah dinyatakan lolos administrasi dan verifikasi ffaktual. Beberapa partai politik sudah mulai mendeklarasikan dan mendukung para calon presiden dan wakil presiden yang siap diusungnya. Sesuai amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, menyatakan TNI harus bersikap netral dan tidak terlibat politik praktis. Tugas dan tanggung jawab kita hanya membantu pemerintah agar semua rangkaian dan tahapan Pemilu dapat berjalan aman dan lancar.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama