TMMD ke 115 Kodim 1609 Buleleng Resmi Ditutup dan Diserahterimakan

 


Buleleng,  RN - TMMD ke 115 Kodim 1609 Buleleng resmi ditutup dan hasilnya diserahterimakan oleh Dansatgas kepada Pemerintah Kab.Buleleng ,Rabu 9/11/22.


TMMD ke 115 di Desa Giri Mas Kec.Sawan Kab.Buleleng mengusung tema " TMMD Dedikasi Terbaik Membangun Negeri " acara serah terima berlangsung di Mako Kodim 1609 Buleleng Jalan Gajah Mada, No. 142 Singaraja, Kelurahan Banjar Jawa, Kecamatan Buleleng, Kab. Buleleng.


Selaku Pimpinan Acara Kasiter Kasrem 163/WSA, Kolonel Inf Haris Sandhi Chrishandoko, S.Sos., dan Perwira Acara Pgs. Dan Unit Intel Kodim 1609/Buleleng, Letda Inf Chris Pelris Patah yang dihadiri 60 orang.


Acara juga dihadirin Kasiter Kasrem 163/WSA, Kolonel Inf Haris Sandhi Chrishandoko, S Sos.,

Pj. Bupati Buleleng yang diwakili oleh Kadis PMD Kabupaten Buleleng, Nyoman Agus Jaya Supena, S.E., Ketua DPRD Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Wakil Ketua 1, I Ketut Susila Umbara, S.H., Kapolres Buleleng yang diwakili oleh Wakapolres, Kompol Yusak Agustinus Sooai, S.I.K., Kajari Buleleng diwakili Kasi Intel, Ida Bagus Alit Pidada, SH.,MH., Kepala pengadilan Buleleng, Ibu Heriyanti, S.H.,M.Hum.,Kadis Dukcapil yang diwakili oleh Bapak Dewa., Kadis Sosial Kabupaten Buleleng, I Putu Kariaman Putra, S.Sos.,M.M.,

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kab. Buleleng, Made Suparma, S.Pt.,

Dinas Pengendalian Penduduk Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Ibu Kadek Dami.,. Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Kadek Suwitra.,Kepala BNN Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Putu Artana.,Kepala RRI Singaraja yang diwakili oleh Ida Ketut Parta, S.Sos.,

Kadiskes Kab. Buleleng yang diwakili oleh Kabid P2, Gede Artamawan., Pimpinan Maha Surya Singaraja, Gusti Putu Alit.,Kadis Ketahanan Pangan yang diwakili oleh Ida Bagus Wirama. ,Kakesbangpol Kab. Buleleng yang diwakili oleh, Gusti Ngurah Arimbawa.,Kepala BPN Singaraja yang diwakili oleh Putu Sujasna.,

 Kadis Perindag Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Sekretaris, Ariston.,

Camat Sawan yang diwakili oleh Ketut Widana., Pimpinan Bank Mandiri Taspen, Purnayasa.,

 Kepala Bank Woori Saudara yang diwakili oleh Laksana., Kelian Adat Giri Emas.,Perbekel Giri Emas, Wayan Saputra., Relawan BSC Buleleng, Kadek Ariani.,STIKES Buleleng.,PPM Buleleng.,

Kepala PDAM Buleleng yang diwakili oleh Bapak Adi.,BRI Cabang Singaraja, Ibu Erni dan 

Perwakilan personel Satgas TMMD.


Laporan satgas TMMD yang dibacakan Kasiter Kasrem 163 / Wurasatya Kok.lnf Haris Sandhi Krishsndoko ,S.,Sos ,bahwa Pelebaran badan jalan dengan ukuran lebar dari 2 meter menjadi 6 meter dan panjang 1.940 meter, mencapai hasil 100%;Pengerasan dan betonisasi badan jalan dengan ukuran lebar 4 meter dan panjang 1.940 meter, mencapai hasil 100%;

Pembuatan 3 buah gorong-gorong, mencapai hasil 100%: dan

Pembuatan senderan, mencapai hasil 100% serta Sasaran tambahan  Bedah rumah sebanyak 4 unit mencapai 100%.


Kegiatan Non Fisik

Penyuluhan wawasan kebangsaan  1 kali.,Penyuluhan pertanian  1 kali.,

Penyuluhan HIV/AIDS : 1 kali.,

Penyuluhan hukum dan Kamtibmas 1 kali.,Pelayanan KB Kes, Posyandu, Posbindu dan Stunting : 1 kali., Penyuluhan bela negara : 1 kali.,

Penyuluhan Narkoba  : 1 kali.,

 Lomba pidato bahasa Bali ,tingkat TK dan SD : 1 kali.,Lomba nulis sastra Bali tingkat TK dan SD : 1 kali.


Waktu dan tempat : Pra TMMD Minggu II Agustus s.d. Minggu II Oktober 2022 dan pelaksanaan TMMD Ke 115 tanggal 11 Oktober s.d. 9 Nopember 2022  bertempat di Desa Giri Emas Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng.


Personel : 150 orang (TNI AD, TNI AL dan TNI AU), unsur pendukung dari masyarakat di lokasi obyek TMMD dan bantuan sukarela, organisasi/Golongan.


 Anggaran Alokasi dari Mabes TNI sebesar : Rp. 483.500.000,-

 Alokasi anggaran dari Pemda dalam bentuk BKK sebesar : Rp. 1.800.000.000,- (kegiatan fisik Rp. 1.307.565.872,67,-, dan kegiatan non fisik Rp. 492.434.127,33,-).


Acara dilanjutkan Penandatanganan Naskah dan penyerahan Naskah hasil pelaksanaan TMMD ke -115 TA 2022 disaksikan oleh pimpinan 


Disamping itu, program TMMD juga untuk membantu pemerintah memberdayakan wilayah serta meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah untuk mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Apa yang saya sampaikan sesuai dengan tema yang diangkat pada TMMD Ke115, yaitu “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI". 


Kegiatan TMMD yang diselenggarakan selama 1 (satu) bulan mulai tanggal 11 Oktober sampai dengan 9 November 2022 ini melibatkan semua komponen bangsa, serta menurunkan 600 prajurit TNI yang tersebar di 4 Kabupaten/Kota se Bali-Nusra.


Kegiatan ini diharapkan dapat menggelorakan kembali semangat gotong royong dan sebagai momentum untuk berpartisipasi dalam membantu pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini masih kita rasakan dampaknya. 


Berbagai sasaran kegiatan yang telah dilaksanakan dalam TMMD Ke-115 TA 2022 terdiri dari sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik yaitu pembangunan  infrastruktur baik fasilitas umum, maupun sosial. Sedangkan sasaran non fisik berupa kegiatan penyuluhan/sosialisasi berbagai materi yang dibutuhkan oleh masyarakat. 


" Terima kasih kepada Pemda, Prajurit TNI dan Polri serta seluruh masyarakat yang turut berpartisipasi menyukseskan kegiatan TMMD ini." Jelasnya.


Selanjutnya, mewakili seluruh Prajurit TNI dan Polri, saya menyampaikan permohonan maaf apabila selama pelaksanaan TMMD ada tutur kata, tindakan maupun perbuatan 

Prajurit yang kurang berkenan di hati masyarakat. 


Ada beberapa penekanan perlu saya sampaikan setelah pelaksanaan TMMD ini agar menjadi perhatian bersama, yaitu: 


Pertama, Pertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat, selalu hadir di tengah-tengah dengan membantu menyelesaikan permasalahan Serta memberikan kontribusi untuk kesejahteraan 

masyarakat. Jangan mudah terhasut ataupun terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan wilayah NKRI. 


Kedua,Pelihara hasil program TMMD ke115, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang serta adakan perawatan bersama masyarakat di wilayah secara mandiri dan swadaya. 


Ketiga, Kepada para Dansatgas, lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang 


Keempat, Dengan selesainya kegiatan ini kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD agar segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama perjalanan serta tetap jalin komunikasi dengan masyarakat.


Akhirnya, dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada hari 

ini Rabu tanggal 9 November 2022 oukul 09.30 Wita Program TNI Manunggal Membangun Desa ke 115 TA 2022 secara resmi saya nyatakan ditutup.


Semoga Tuhan Yang Maha Esa melimpahkan rahmat serta hidayaNya 

kepada kita dalam melanjutkan pengabdian kepada TNI, Bangsa dan Negara yang kita Cintai


Iskandar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama