Bupati Klungkung Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Agung 2022



Klungkung - Kesiapan menyambut Nataru (Natal dan Tahun Baru) tanggal 25 Desember 2022 dan 1 Januari 2023, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta,S.Pd,.M.M., memimpin kegiatan apel gelar pasukan Operasi Lilin Agung tahun 2022 didampingi Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H. bertempat di Halaman Mapolres Klungkung, Kamis, (22/12/2022).


Dalam Kegiatan Apel gelar pasukan Ops Lilin Agung 2022 Turut hadir Dandim 1610 Klungkung yang di Wakili Kasdim Klungkung Mayor Kav I Nyoman Arya Jayantara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, Kepala Pelaksana BPBD Klungkung, Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung, Kepala Dinas Perhubungan Kab.Klungkung serta Perwakilan Jasa Raharja Kab.Klungkung


Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, melalui amanatnya dibacakan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, S.Pd,.M.M.,, menyampaikan bahwa marilah kita mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Besar, karena atas limpahan rahmat dan karuniaNya,

Sehingga, kita semua masih bisa masih diberikan kesempatan untuk berkumpul bersamapada acara “apel gelar pasukan operasi lilin agung 2022 dalam rangka pengamanan natal 2022 dan tahun baru 2023”, dalam keadaan sehat.


Bahwa Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana. Dengan demikian, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif.


Seperti kita ketahui bersama bahwa laju pertumbuhan Covid-19 di Indonesia sudah terkendali, sehingga pemerintah memberikan pelonggaran berbagai aktivitas masyarakat  termasuk Nataru dengan menetapkan seluruh wilayah berada pada PPKM Level 1. Momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.


Oleh sebab itu, Polri dengan dukungan TNI, K/L, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 s.d. 2 Januari 2023, serta dilanjutkan dengan KRYD mulai 3 Januari s.d. 9 Januari 2023.


Pada pengamanan Nataru, terdapat berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai. Pada sisi kesehatan, kita harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan Covid-19, terlebih saat ini telah muncul subvarian baru omicron BN.1 yang lebih cepat menular


Selanjutnya pada sisi keamanan. Terdapat beberapa potensi gangguan yang juga perlu diwaspadai, seperti kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyeberangan antar pulau, serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan.

Kemudian khusus pengamanan ibadah Natal, pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi yang melibatkan TNI  Selain itu, libatkan juga elemen masyarakat termasuk Ormas keagamaan dalam pengamanan ibadah Natal sebagai wujud toleransi beragama.


Kepada seluruh personel pengamanan, saya berpesan jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan. Oleh karena itu, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, humanis dan pahami tugas maupun fungsinya masingmasing sesuai rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini.  (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama