Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Panitia Pemilihan Kecamatan



Jembrana, Senin (2/1/2023) kemarin, telah dilaksanakan pelantikan dan pembekalan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kab. Jembrana pada Pemilihan Umum Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh KPU Kab. Jembrana yang dihadiri oleh Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. bersama seluruh jajaran Forkopimda Kab. Jembrana yang bertempat di Lantai II Hotel Jimbarwana Jl. Udayana No. 2, Kel. Baler Bale Agung, Kec. Negara, Kab. Jembrana.


Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa, serta dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan KPU Kab. Jembrana Nomor 40 Tahun 2022 tentang penetapan dan pengangkatan Panitia Pemilihan Kecamatan untuk Pemilihan Umum tahun 2024.


Adapun nama-nama Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan di Kab. Jembrana yang dilantik dan diambil sumpahnya dari Kecamatan Pekutatan diantaranya : Desak Made Suniasih, I Nengah Ardana, I Gede Diyantara Saputra, I Nengah Mudiana, dan I Gusti Ngurah Ketut Sudarma. Dari Kecamatan Mendoyo diantaranya : I Nyoman Yick Sudiarta, Gusti Putu Agus Arbi Pratama, I Kadek Dwi Palentina, Eko Andre Wiryanto, S.H., dan Ida Ayu Putu Eka Aksara Dewi. Dari Kecamatan Jembrana diantaranya : Ni Kadek Anggi Noviani Ray, Anak Agung Adi Sastrawan, I Made Satya Nanda Ristyanta, I Ketut Gede Budi Darma, dan I Ketut Darmawan. Dari Kecamatan Negara diantaranya : Gusti Ayu Putu Sudiastari, I Made Suarnayasa, S.H., Putu Nitha Adelia Putri, I Komang Arya Suteja, S.T., dan Ahmad Dahlan, S.T. Dari Kecamatan Melaya diantaranya : I Wayan Suralaya, Ni Putu Juli Wiratni, I Kadek Dwi Kartika Wibawa, S.Pd., I Kadek Adi Arthamuliawan, S.H., dan Ananta Kurnia Putra, S.Pd.


Kemudian acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah/janji Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum Tahun 2024 yang dibacakan oleh Ketua KPU Kab. Jembrana I Ketut Gde Tangkas Sudiantara, S.T. dan diikuti oleh anggota PPK yang sudah dilantik. Selanjutnya dilakukan penandatanganan Berita Acara Pelantikan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan No.1/PP.04.1-BA/5101/4/2023 tentang pelantikan, pengambilan dan pengangkatan sumpah janji Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan untuk Pemilihan Umum Tahun 2024. Berlanjut dengan penandatanganan Fakta Integritas oleh masing-masing PPK yang telah dilantik se-Kab. Jembrana.


Dalam sambutan Ketua KPU Prov. Bali yang dibacakan oleh Ketua KPU Kab. Jembrana I Ketut Gde Tangkas Sudiantara, S.T. mengatakan, atas nama KPU Provinsi Bali menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota panitia pemilihan Kecamatan yang baru saja dilantik semoga tugas yang dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya mulai dari tahapan demi tahapan sampai menghasilkan pemimpin negeri yang dikehendaki masyarakat secara demokratis secara hierarki


"Peran dan sumbangsih seluruh anggota PPK dalam melaksanakan tugas sebagai perpanjangan dari KPU dapat menjadi landasan suksesnya Pemilu serta tahun 2024 pelantikan anggota PPK kali ini menjadi demikian penting dan strategis terutama dalam penyiapan seluruh personil yang akan terlibat dalam penyelenggaraan agenda Pemilihan Umum serentak tahun 2024 mendatang," ucapnya.


Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Bupati Jembrana yang dibacakan oleh Kaban Kesbangpol I Ketut Eko Susila Artha Permana, S.E., M.Si. dimana ia menyampaikan bahwa Pemilihan Umum tahun 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024, sudahlah dekat situasi dan kondisi politik menjelang pelaksanaan Pemilu juga mulai meningkat, hal ini perlu menjadi atensi pihak-pihak terkait dalam menjaga situasi kamtibmas yang ada di wilayah Kabupaten Jembrana.


"Ini tidak lepas pula peran dari PPK di Kecamatan dalam rangka juga turut serta menjaga keamanan di wilayah masing-masing, tolong para PPK juga bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat terutama di bidang bagian informasi kepemilihan, sehingga demokrasi di Kabupaten Jembrana khususnya di Kecamatan masing-masing itu bisa berjalan dengan baik aman dan lancar," ucapnya.


"Karena informasi yang salah dan yang keliru akan membuat sebuah kegaduhan. Jadi pemerintah mengharapkan PPK senantiasa menjaga netralitasnya, itu yang ditekankan oleh amanah undang-undang," sambung Kaban Kesbangpol saat membacakan sambutan Bupati Jembrana I Nengah Tamba, S.H., Senin (2/1) pukul 11.15 Wita.


Terakhir dilanjutkan dengan ucapanselamat kepada anggota PPK yang sudah dilantik dan ditutup dengan sesi foto bersama.


(Hms Jbr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama