Pohon Beringin Tumbang Lagi, Personil Polsek Bangli Polres Bangli Bersama Instansi Terkait Laksanakan Evakuasi



Bali - Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Wilayah Bangli membuat Sebuah Pohon beringin tumbang dan melintang dijalan yang mengakibatkan kemacetan arus lalulintas.


Saat mendapat Imformasi ada Pohon beringin yang tumbang lagi dari Masyarakat Personil Polsek Bangli dipimpin Wakapolsek Bangli Akp I Dewa Made Anom Astawa, S.H, langsung menuju lokasi dan melihat pohon beringin telah melintang dijalan dan menutupi badan jalan  jurusan Bangli - Tembuku tepatnya di Jln. Erlangga Bangli tepatnya di sebelah utara Pura Dalem Selaungan, Kel. Cempaga, Kec./Kab. Bangli, Sabtu pagi (28/01/2023).


Pada kesempatan tersebut personil  Polsek Bangli dipimpin Wakapolsek Akp I Dewa Made Anom Astawa, S.H, didampingi Padal Aiptu Ida Bagus Made Sutresna, S.H, Bhabinkamtibmas bersinergi dengan Babinsa dan BPBD Kab. Bangli serta dibantu warga masyarakat Kel. Cempaga melaksanakan pemotongan Pohon beringin yang tumbang dengan menggunakan sensor, kapak dan peralatan lainnya, Pohon beringin tersebut tumbang terjadi tadi pagi sekira pukul 09.10 wita.


Sementara kegiatan pemotongan dan pembersihan pohon beringin yang tumbang di jalan jurusan Bangli - Tembuku, dihentikan sementara dihentikan menunggu alat berat untuk memeindahkan potongan-potongan kayu yang cukup besar, sehingga jalan belum bisa dilalui kendaraan baik R2, R4 dan R6.


Untuk sementara masih dilakukan rekayasa / pengalihan arus lalin lintas melalui jalur Pura Dalem Pingit dan Tamansari.


Atas kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan material.


Pada kesemptan tersebut Pawas bersama anggota juga memberikan himbauan kepada warga untuk tetap waspada terkait dengan cuaca ekstrim (Hujan deras yang disertai angin kencang) yang terjadi akhir-akhir ini serta mengurangi intensitasnya bepergian keluar rumah bila tidak ada keperluan mendesak.


Dalam proses pemotongan dan pembersihan pohon beringin yang tumbang ditinjau oleh Waka Polres Bangli Kompol I Nyoman Gatra, S.H., M.H. didampingi Kabag Ops Kompol I Ketut Maret, S.H, dan Kepala BPBD Kab. Bangli Drs. I Wayan Wedana.


Kapolres Bangli AKBP I Dewa Agung Roy Marantika, S.H.,S.I.K., melalui Kapolsek Bangli Kompol Made Dwi Puja Rimbawa, S.H.,M.H, saat dikomfirmasi "mengatakan bahwa setelah mendapati informasi adanya pohon beringin tumbang lagi dan menutup  jalan sehingga mengganggu pengendara yang lewat, anggota yang sedang patroli langsung menuju ke lokasi kejadian".


“Anggota di pimpin Wakapolsek bertindak cepat bersama-sama dengan instansi terkait dan warga setempat memotong dan membersihkan pohon beringin yang tumbang. Untuk sementara Pohon beringin yang tumbang sudah selesai dipotong -potong dan untuk evakuasi potongan batang pohon yang besar masih menunggu alat berat, sehingga untuk sementara masih dilaksanakan pengalihan arus lalulintas karena kendaraan belum bisa lewat dan demi keselamatan kita bersama” jelas Kapolsek.


"Penyebabnya pohon beringin yang tumbang diduga akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi dari kemarin." Imbuh Kompol Made Dwi Puja Rimbawa, S.H.,M.H.


“Diharapkan warga untuk selalu berhati-hati utamanya saat seperti saat ini, hujan disertai angin bisa datang tiba tiba, sehingga perlu mewaspadai terjadinya tanah longsor dan pohon tumbang,” pungkas Kompol Made Dwi Puja Rimbawa, S.H.,M.H.


Salam Presisi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama