BPN Sidoarjo bersama Pemdes Semampir Berikan Penyuluhan Program Pelaksanaan PTSL 2023

  


SIDOARJO,– Badan Pegawai Nasional (BPN) Kabupaten Sidoarjo bersama Pemerintah Desa Semampir, Kecamatan Sedati memberikan penyuluhan mengenai program pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2023, terhadap masyarakat yang dilaksanakan di kantor desa setempat, Kamis (09/02/2023).



Ketua Tim Panitia PTSL BPN Sidoarjo, Sujarwo SH menjelaskan, program PTSL merupakan program strategis nasional Kementrian ATR/Badan Pertanahan Nasional. Diharapkan bisa mempermudah masyarakat dalam memperoleh hak atas tanahnya.



“Dan ini bisa mencegah terjadinya sengketa konflik perkara pertanahan. Dengan adanya program PTSL dapat perlindungan secara hukum mengenai subjek, objek dan hak atas tanah,” ujarnya.



Selain itu, program PTSL merupakan sarana produktivitas ekonomi masyarakat dan mendorong inklusi keuangan, sebagaimana aset yang hidup dalam permodalan lebih muda.

“Hal ini, bisa memberikan kepastian dalam pembayaran PBB dan BPHTB secara objek dan subjek berintegritas Nomor Induk Kependudukan (NIK). 



Selain itu, bisa mempermudah dalam mengupdate nilai tanah melalui peta ZNT, NJOB PBB dengan program PTSL akan melengkapi bidang-bidang tanah yang belum masuk dalam DHKP,” ucapnya.



Sementara itu, Kepala Desa Semampir, Luqman Mualim mengapresiasi terhadap BPN Sidoarjo. Dengan penyuluhan ini, diharapkan masyarakat mengetahui manfaat dalam program PTSL tersebut.



“Dan ini manfaat program PTSL bisa mempermudah dalam integrasi data pertanahan yang dihasilkan secara lebih lengkap. Sehingga sumber data tersebut, pemerintah daerah bisa mengambil kebijakan secara signifikan,” pungkasnya. (Nit/Hlim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama