Kodim 0904/Paser Ajak Seluruh Elemen Untuk Menanaman Mangrove

 


Paser - Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Kodim 0904/Paser menggelar penanaman pohon Mangrove di lingkungan Pantai Pasir Mayang Desa Pasir Mayang Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser. Selasa (14/2/2023).


Kegiatan penanaman pohon Mangrove tersebut, dihadiri oleh Komandan Kodim 0904/Paser Letkol Inf Ary Susetyo, serta melibatkan personel gabungan antara TNI, Polri, Forkopimcam, Perangkat Desa dan masyarakat sekitar.


Salah satu tujuan penanaman Mangrove ini adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan akibat air laut. Karena tumbuhan Mangrove merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk Tsunami.


Oleh karena itu, manfaat penanaman Mangrove sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya bencana alam.


Menurut Dandim, penanaman pohon Mangrove juga sebagai bentuk pola pembangunan lingkungan hidup di wilayah secara terencana. selain bermanfaat untuk mengurangi abrasi dapat melindungi ekosistem yang ada di dalamnya, sehingga berdampak positif bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomiannya.


“Ini sebagai langkah awal kepedulian kita bersama, dalam membantu Pemerintah Daerah dalam melestarikan lingkungan hidup. Agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat untuk generasi mendatang,” ujar Dandim saat berbincang dengan masyarakat. 


Lebih dari itu, dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, dengan ikut serta menjaga dan merawat tanaman Mangrove yang sudah di tanam dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab, sehingga dampaknya akan menimbulkan kerusakan.


Dim 0904/Psr

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama