Babinsa Kodim 0910/Malinau Bantu Masyarakat Membuat Batu Bata Merah.

  


MALINAU, Kalimantan Utara. Kemanunggalan TNI dengan Rakyat terus di laksanakan oleh Anggota Kodim 0910/Malinau, Salah satunya Serda  Muhtarom yang  membantu masyarakat yang sedang membuat batu bata merah.


Kegiatan membantu masyarakat yang dilakukan oleh Serda Muhtarom tersebut berlangsung di Samping Makodim 0910/Malinau Di Desa Malinau Hulu, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Kamis (30/03/23).


Serda Muhtarom mengatakan selama ini sudah terjalin hubungan yang cukup baik dengan masyarakat sekitar Makodim, maka kami ikut membantu warga yang melaksanakan pekerjaan membuat batu bata dengan mengumpulkan tanah sebagai bahan untuk pembuatan batu bata tersebut.


Serda Muhtarom yang bekerja sehari-hari sebagai Penerangan Kodim yang juga menjabat Babinsa  mengatakan, batu bata merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding rumah, selain itu bisa digunakan untuk berbagai jenis bangunan yang lain.


Dalam proses pembuatan batu bata dibutuhkan keterampilan dan ketelatenan untuk menyelesaikannya. Karena dalam proses ini dibutuhkan teknik-teknik tertentu. Terdapat berbagai macam cara untuk membuat batu bata ini.


Ia menjelaskan dalam pembuatan batu bata tersebut yang perlu dipersiapkan adalah tanah liat yang bagus, alat cetak berupa kotak kecil dan tali serta papan kecil. “Setelah semua alat tersebut disediakan, batu bata ini lalu di cetak lalu dibakar sampai berwarna kemerah merahan,”terangnya.


Alui (47)  pengrajin bata merah mengatakan sangat berterima kasih kepada Babinsa yang sudah mau membantu kami membuat  batu Bata merah.(Pendim 0910).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama