Gerak Cepat, Polri dan Aparat Gabungan Padamkan Kebakaran Lahan di Bengkalis

 


Kebakaran lahan terjadi di Desa Kembung Luar, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau pada Sabtu kemarin, 18 Maret 2023. Usai mendapatkan laporan, aparat gabungan dari Polri, TNI, Damkar, BPBD dan lainnya dengan cepat melakukan pemadaman.


Kapolri Riau Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, kondisi lahan yang terbakar yakni jenis tanah gambut dan semak ringan.


Kapolda menjelaskan kronologi kebakaran lahan berawal pada hari Jumat tanggal 17 Maret 2023  sekira jam 18.00 wib kepala desa kembung luar bernama Jamaludin dan saksi, serta masyarakat mendapat informasi bahwa dari arah hutan melihat ada asap diduga kebakaran hutan/lahan.


"Kemudian para saksi berupaya mancari arah titik api yang dimaksud namun tidak ditemukan dan kerena sudah malam akan dilanjutkan besok Sabtu," kata Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/3/2023).


Selanjutnya pada hari Sabtu tanggal 18 Meret 2023 personel Polsek Bantan bersama Kepala Desa dan masyarakat Desa Kembung Luar melanjutkan pencarian, dan setelah menyelusuri hutan dengan berpedoman pada asap yang terlihat di langit, kemudian sekitar jam 10.00 WIB ditemukan titik api yang dimaksud.


"Selanjutnya dilakukan verifikasi titik hotspot dan melakukan pemadaman dengan personel gabungan," katanya.


Iqbal menambahkan, luas lahan yang terbakar belum bisa dipastikan. Begitu juga dengan penyebab terbakarnya lahan tersebut masih dalam penyelidikan. Adapun lahan yang terbakar merupakan lahan bekas tanaman industri (jenis akasia) milik PT.RRL. namun pada tahun 2020 telah dikembalikan ke Negara.


"Lahan yang terbakar tidak seberapa jauh dari perkebunan masyarakat sekitar. Saat ini masih dilakukan pemadaman agar kebakaran tak meluas," katanya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama