Sidang Kades Temenggungan,Hakim putuskan akhiri Batal Demi Hukum

  



Probolinggo-rakyatnusantara.net,lagi dan lagi..,pengacara muda profesional PRAYUDHA RUDI NURCAHYA,SH.kembali memenangkan sidang selaku kuasa hukum dari terdakwa Iqbal Ali Warsa.

Proses persidangan lanjutan perkara Nomor 77/Pid.B/2023/PN.Krs di Pengadilan Negeri Kraksaan terkait  perkara nomor 77/Pid.B/2023/PN.Krs terkait kasus pemberian keterangan palsu di atas sumpah yang disampaikan pada perkara perceraian Finra Ratiningrum yang merupakan kakak kandung dari Kades Temenggungan Iqbal Ali Warsa. 

 

Anehnya dalam salinan putusan perceraian tersebut, Iqbal berstatus sebagai sepupu dari Finra.

Keheranan dari Prayudha Rudi Nurcahya SH selaku kuasa hukum dari terdakwa Iqbal muncul ketika tiba-tiba dalam salinan putusan perceraian dari Pengadilan Agama (PA) Kraksaan, berubah menjadi sepupu. Pihaknya mempertanyakan, siapa yang mengubah status adik dalam salinan putusan perceraian itu menjadi sepupu. Padahal Iqbal, tidak mengetahui perubahan status tersebut. 


Semestinya, pihak kepolisian dalam hal ini Polda Jatim harus lebih teliti untuk menaikkan status Iqbal menjadi tersangka. Sebab menurutnya, surat salinan putusan perceraian itu belum diketahui siapa yang mengubahnya. Putusan pengadilan itu siapa yang nulis. Masa klien saya. Putusan itu kan produk pengadilan, ujar Prayudha yang segera melakukan upaya menganulir putusan status atas kliennya tersebut.

Upaya banding pun ditempuh ke Pengadilan Tinggi (PT) Agama Jawa Timur."terang".


Dalam salinan putusan di tingkat banding ini, Iqbal sudah ditetapkan sebagai adik kandung sebagaimana keterangan awal di Pengadilan Agama. Yuda menilai dalam dakwaannya, 

jaksa tidak menguraikan hasil Pengadilan Tinggi ini. Seharusnya kita pun tahu sebagai warga negara yang baik, tentunya harus patuh kepada putusan pengadilan. Ini sudah ada putusan pengadilan tinggi,tegasnya.

Sidang yang pimpin I MadeYuliada SH, MH di PN Kraksaan, Senin (03/4/2024)


memutuskan atas kasus tersebut batal demi hukum. Bahkan hakim menilai tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) terkesan membingungkan dan tidak jelas. Terhadap putusan hakim tersebut Prayuda sangat apresiasi,


 mengingat hakim menitik beratkan pada berbagai pertimbangan. Ini merupakan putusan akhir dari persidangan yang beberapa kali digelar, batal demi hukum.pungkas Prayudha mengakhiri keterangan pada sejumlah awak media di pengadilan negeri Kraksaan. "jelas ".

Jurnalist:(ms Al/samudra)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama