Kodim 0903/Bulungan Bersama Forkopimda Bulungan Rehabilitasi Mangrove

  


TANJUNG SELOR - Kodim 0903/Bulungan bersama forkopimda Bulungan melakukan penanaman mangrove. Itu dilakukan melakukan pemulihan dan rehabilitasi tanaman tersebut


Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Victor Andhyka Tjokro,S.IP mengatakan, pelaksanaan penanaman mangrove ini sebagai tindak lanjut arahan perintah Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman untuk melakukan pemulihan dan rehabilitasi mangrove.

"Penanaman mangrove ini dilakukan secara serentak seluruh di Indonesia dengan mengusung tema Mangrove For Better Live dan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo melalui virtual," kata Victor


Di Bulungan, sambung Victor, Kodim 0903/Bulungan telah melakukan penanaman sebanyak 1.000 bibit mangrove. Kegiatan ini dipastikan akan terus berlanjut.

"Rencananya, penanaman mangrove juga akan dilakukan di Teras Nawang," ungkapnya. 


Kemudian, kegiatan yang sama juga akan dilakukan di area Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) Tanah Kuning-Mangkupadi di Kecamatan Tanjung Palas Timur, Bulungan.

"Iya, kita ketahui bersama disana (Tanah Kuning-Mangkupadi) daerah lepas pantai," bebernya.


Dijelaskan, penanaman mangrove ini merupakan salah satu langkah penting dalam mengatasi pengikisan yang disebabkan air laut dan sebagai penghasil oksigen.

"Hutan mangrove ini menjadi salah satu sarana yang sangat penting untuk menyelamatkan garis pantai dari perairan laut," jelasnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala menyambut baik pelaksanaan penanaman mangrove ini untuk pemulihan dan rehabilitasi mangrove. Khususnya di Ardi Mulyo.

"Seperti kita ketahui kegiatan ini dilakukan serentak se-Indonesia," ujarnya.


Diharapkan, seluruh elemen masyarakat dapat menjaga kelestarian mangrove. Apalagi, tanaman ini memiliki peran penting terhadap lingkungan. "Jadi, saya berharap keberadaan kawasan hutan mangrove ini dapat terus dijaga," harapnya.


Dalam hal ini, pemerintah juga berkomitmen untuk menjaga kelestarian 

mangrove di daerah. "Sekarang ini untuk kelestarian mangrove di Kabupaten Bulungan sudah sangat baik," bebernya.


Namun, kata dia, pemerintah akan terus berupaya untuk melakukan pelestarian. khususnya, di lahan tidur. "Iya, beberapa lahan tidur akan kita manfaatkan untuk melestarikan mangrove," pungkasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama