Polsek Gianyar Sembahyang Bersama Hari Pagerwesi



Gianyar - Personil Kepolisoan Sektor Gianyar melaksanakan persembahyangan Hari Pagerwesi bertempat di Pura Giri Kusuma Polsek Gianyar, Rabu (24/5) pagi.


Persembahyangan bersama dipimpin oleh Kapolsek Gianyar Kompol I Gede Sudyatmaja, S.H., M.H. diikuti oleh Para Kanit, Panit dan personil Polsek Gianyar.


Secara Harfiah Pagerwesi berasal dari kata “pager” yang berarti pagar atau perlindungan dan “wesi” berarti besi yang merupakan bahan kuat, jadi saat Hari raya Pagerwesi tersebut bertujuan untuk memagari diri (magehang awak) dengan kuat agar jangan mendapatkan gangguan atau rusak.


Makna filosofis dalam perayaan hari raya Pagerwesi ini adalah sebagai simbol keteguhan iman, memagari diri dengan tuntunan ilmu pengetahuan, sehingga manusia tersebut tidak mengalami kegelapan atau Awidya.


Kapolsek Gianyar Kompol I Gede Sudyatmaja, S.H., M.H. selesai kegiatan mengatakan bahwa pihaknya melaksanakan Sembahyang bersama dalam rangka Hari Pagerwesi.


“Hari ini Kita Laksanakan sembahyang bersama dalam rangka Hari Pagerwesi memohon agar dalam pelaksanaan tugas berjalan dengan lancar dan aman" ucapnya.


Menurut Kapolsek, Begitu penting makna perayaan pada saat Pagerwesi ini, sehingga diharapkan menjadi momen yang istimewa bisa memagari diri dengan ilmu pengetahuan dan keteguhan iman.


Selain itu, Untuk mendapatkan tuntunan dalam mendalami ilmu pengetahuan tersebut maka yang dimuliakan dan dipuja adalah Ida Sanghyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Sanghyang Pramesti Guru, beliau adalah guru dari alam semesta yang dapat membimbing manusia ke jalan yang benar dalam memahami pengetahuan hidup.


Kompol Sudyatmaja juga mengungkapkan Kegiatan sembahyang bersama merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Personil Polsek Gianyar pada setiap hari rerainan.


“Kita tidak hanya melaksanakan sembahyang bersama hari ini saja, namun merupakan kegiatan rutin kita setiap rerainan guna memohon anugerah Tuhan Yang Maha Esa sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan aman lancar,” pungkasnya.  ***

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama