Polsek Nusa Penida Laksanakan Pengamanan Ngaben Di Desa Binaan

 


Polda Bali - Polres Klungkung - Polsek Nusa Penida - Personel Polsek Nusa Penida yang terdiri dari Bhabinkamtibmas desa Ped, Unit Samapta  dan Unit lantas Polsek Nusa Penida melaksanakan pengamanan kegiatan pengabenan di Banjar Nyuh, Desa Ped, Nusa Penida (22/5/2023).


Berkordinasi dengan Pecalang dan TNI dari koramil 1610 - 04 Nusa Penida,  personel yang dipimpin langsung Kanit Samapta Polsek Nusa Penida Iptu I Wayan Wirya melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalu lintas untuk kelancaran kegiatan pengabenan ini.


Upacara Ngaben sendiri merupakan bagian dari Upacara Pitra Yadnya yang merupakan upacara yang dilakukan untuk mengembalikan roh leluhur ke asalnya atau pengembalian unsur Panca Maha Bhuta kepada Tuhan/Ida Sang Hyang Widhi Wasa, sesuai kepercayaan masyarakat hindu di Bali.


Upacara Ngaben di Banjar Nyuh ini dilaksanakan dengan jumlah satu sawe dan menggunakan satu buah bade serta satu buah petulangan.


Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta, S.Sos., saat dikonfirmasi mengatakan pengamanan ngaben ini guna menghadirkan serta menciptakan kelancaran dalam prosesi kegiatan ngaben ini disamping tetan untuk menjaga situasi keamanan dan kenyamanan bagi  masyarakat yang lain.



“Sudah menjadi kewajiban kami untuk melayani masyarakat dengan melaksanakan kegiatan pengamanan bukan hanya upacara keagamaan tetapi kegiatan masyarakat yang lainnya terutama yang menggunakan fasilitas umum” tutup Kapolsek.  ***

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama