Sejumlah Kepala Negara ASEAN Tiba, Satgas Pamwil Amankan Rute dan Hotel



Manggarai Barat - Dalam rangka menghadiri kegiatan KTT ASEAN atau ASEAN Summit ke 42, sejumlah pemimpin negara-negara anggota ASEAN tiba di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Selasa, 9 Mei 2023.


Para tamu VVIP tersebut diantaranya Perdana Menteri Kamboja Hun Sen bersama istri, Perdana Menteri Timor-Leste Taur Matan Ruak, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim bersama istri, Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone bersama istri, Presiden Filipina Ferdinand R. Marcos Jr. bersama istri, dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong bersama istri.


Terkait hal tersebut, para personel Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) yang terbagi dalam beberapa Sub Satgas dan Unsur Pendukung bertanggung jawab melaksanakan pengamanan dan tugas sesuai dengan fungsinya masing-masing. Dalam hal ini, Sub Satgas Pam Rute yang dipimpin oleh Kolonel Inf Samsul Huda, S.E., M.Sc., memiliki peran penting dalam pengamanan rute yang dilalui oleh para tamu VVIP.


Dalam pelaksanaannya, Dansubsatgas Pam Rute membagi anggotanya yang telah tersebar pada tiap titik guna menutup celah kerawanan serta mencegah dan menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan saat para Kepala Negara ASEAN dalam perjalanan menuju hotel tempatnya menginap.


Demikian halnya pengamanan yang dilakukan di hotel para tamu VVIP. Pasukan Sub Satgas Pam Hotel/Penginapan yang dipimpin oleh Kolonel Inf Salim melaksanakan pengamanan VVIP terhadap Kepala Negara yang hadir pada kegiatan KTT ASEAN ke 42, baik di Ring II maupun Ring III di masing-masing akomodasi hotel yang telah disiapkan. (Pendam IX/Udy) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama