Widodit Staf Desa Asembagus Layangkan Surat Pengaduan dan perlindungan terhadap ke sejumlah intansi hukum

 


Probolinggo - RAKYATNUSANTARA.NET,

Polemik seputar tidak adanya sinkronisasi antara pucuk pimpinan dan bawahan terjadi di desa Asembagus kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo.rabu (24/5/2023)


 persoalan internal di pemerintah desa ini hingga mencuat ke instansi Pemerintah daerah dan instansi vertikal lainnya.Permasalahan ini bermula saat Widodit (37 tahun) salah satu perangkat desa Asembagus merasa keberatan atas tidak difungsikannya sebagai perangkat desa dan diserobotnya tanah garapan berupa ganjaran TKD (tanah kas desa) oleh Kepala desanya. 


Seperti diketahui,perlakukan yang dianggap diskriminasi dari Kades Asembagus dirasakan Widodit selama setahun kebelakang. bersangkutan datang menjalankan aktifitas dikantor desa, namun tidak mendapatkan respon tegur sapa baik dari Kades dan tidak difungsikan untuk menjalankan tugas sebagai perangkat desa.

Anehnya hal tersebut tidak diikuti dengan upaya pihak desa memberikan surat peringatan (SP) sebagai dasar pemberian sanksi pada staf atau pegawai yang dinilai melanggar aturan.


 Terkait hal tesebut Dodit,mengadukan permasalahan ini ke beberapa dinas intansi didampingi oleh Prayuda Rudy Nurcahya SH selaku Penasehat Hukum, mengadukan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Inspektorat dan DPRD kabupaten Probolinggo.


 saat mengikuti kegiatan tersebut mengindikasikan bahwa masing-masing instansi masih menunggu perkembangan lebih lanjut, termasuk menunggu data dan keterangan yang datang dari Camat.


Sementara Kepala desa Asembagus Kecamatan Kraksaan, H. Ali Ibang Fansuri saat dikonfirmasi terkait hal tersebut menjelaskan persoalan ini lebih mengarah pada ketidakpatuhan pada aturan dalam menjalankan tupoksi sebagai perangkat desa."Persoalan ini jauh hari sebelum saya dilantik sebagai kades Ketika ada teknis yang berkaitan seperti yang diadukan, semuanya kami kembalikan ke aturan dan ketentuan yang dibuat pemerintah daerah."ujar Kades.

Disinggung apa langkah yang akan ditempuh oleh Kades Asembagus dalam menyikapi permasalahan tersebut. "Kita tunggu saja ketika kami dipertemukan dengan pihak-pihak terkait yang berhubungan dengan pemerintahan. Dari sinilah nanti akan terungkap dengan jelas."pungkasnya.(ms al)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama