Dorong Potensi Kekayaan Intelektual Desa Bedahulu, Kanwil Kemenkumham Bali Jalin Kerjasama Universitas Udayana


GIANYAR-Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali bekerjasama dengan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Udayana melaksanakan Penyerahan Mahasiswa Bina Desa Bedulu 2024 Fakultas Hukum Udayana. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Diklat Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Gianyar, pada Kamis (18/04)


Kegiatan dihadiri oleh Kepala Bidang Hukum, I Wayan Adhi Karmayana, Koordinator Penyulu Hukum Penyuluh Hukum Madya, I Gede Adi Saputra dan Pengampu Kabupaten Gianyar Penyuluh Hukum Madya, Ratih Romayuani, Perwakilan dari BRIDA Gianyar, Dosen Pendamping, Perwakilan Desa Bedulu dan Mahasiswa Bina Desa. 


Kepala Bidang Hukum Kanwil Kemenkumham Bali dalam sambutannya sangat mengapresiasi kerjasama Kemenkumham Bali dengan Universitas Udayana dalam hal pelaksanaan Bina Desa. Kegitan ini selaras dengan tugas dan fungsi (tusi) Kanwil Kemenkumham Bali yakni memberikan pelindungan terhadap Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Pos Pelayanan Hukum dan HAM Desa (POSYANKUMHAMDES) memiliki peranan strategis untuk mewujudkan seluruh tusi Kanwil sampai di tingkat desa. "Saya berharap kegiatan ini akan mampu memetakan dan menginvetarisir potensi-potensi yang ada di Desa Bedulu khususnya dan Kabupaten Gianyar secara umum untuk meningkatkan pencatatan ataupun pendaftaran HKI. Tahun imi merupakan tahun Indikasi Geografis (IG) kegiatan ini juga sangat relevan sekali untuk mewujudkan adanya pendaftaran IG dan tentunya potensi lainnya dan cipta merek" ujar Adhi Karmayana.


Perwakilan Badan Riset dan Tehnologi Daerah (BRIDA) menyampaiakan bahwa Pemerintah Kabupaten Gianyar berkomitmen memfasilitasi potensi-potensi HKI salah satunya adalah memberikan perlindungan misalnya UMKM dan yang lainnya. Dosen pendamping Universitas Udayana mengingatkan kepada para  Mahasiswa Desa Binaan agar terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan baik dengan pihak desa BRIDA serta Kemnkumham Bali. Perwakilan Desa menyambut baik penyelenggaraan program bina desa dalam memetakan potensi HKI di Desa Bedahulu (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama