Antisipasi Luapan Air saat Hujan, TNI, Pemdes dan Masyarakat Desa Kunir Lor Bersihkan Drainase




Lumajang, rakyatnusantara.net - Sebagai upaya mengantisipasi luapan air saat musim hujan, Babinsa Kunir Lor Koramil 0821/13 Kunir bersama Pemerintah Desa (Pemdes) dan masyarakat melaksanakan pembersihan drainase yang berada di Dusun Sumbersari RW 003 Desa Sumbersari Kecamatan Kunir Kabupatrn Lumajang, Jawa Timur, Minggu (27/6/2021).

Babinsa Kunir Lor, Serda Hariyanto Dwi Cahyono menyampaikan, bahwa menjaga kebersihan drainase harus terus dilakukan, agar saat hujan turun dapat mengalirkan air dengan lancar, dan tidak sampai menyebabkan luapan air yang dapat menggenangi jalan.

Hariyanto juga menyampaikan, ikut sertanya dalam kegiatan pembersihan, merupakan salah satu wujud kepedulian Tentara Nasional Indonej (TNI) kepada masyarkat, khususnya di bidang kesehataan masyaraka

"Dengan terjaganya drainase, aliran air tidak tersumbat, sehingga tidak meluap menggenangi jalan, dan bibit penyakit tidak dapat berkembang biak," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kunir Lor, Yudi Purnomo mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, tidak hanya membersihkan dan pengerukan dasar drainase saja, tetapi kanan kiri jalan desa juga turut dibersihkan dari sampah dan tanaman liar.

Dia berharap, masyarakat secara rutin membersihkan lingkungan serta drainase yang ada di kanan kiri jalan desa, terutama saat musim hujan, sehingga dapat menunjang terciptanya lingkungan yang bersih, sehat, asri dan indah tanpa ada genangan air yang digunakan bibit penyakit berkembang biak.

"Atas nama pemerintah desa, saya ucapkan terima kasih kepada babinsa dan masyarakat yang ikut berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pembersihan ini, kegiatan serupa akan terus kita lakukan secara berkelanjutan di seluruh wilayah Desa Kunir Lor," pungkasnya. (Pendim0821/Phie)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama