Pedagang Gorengan Dijadikan Boneka sebagai Penyalur BPNT

 


JEMBER, rakyatnusantara.net - Rini Irawati yang mengaku Pemilik agen E-warong Program BPNT dengan nama Tokoh Berkah yang beralamat di Dusun Igir Igir Rt/Rw 006/001 Desa Cakru Kecamatan Kencong, Jember ternyata hanya seorang boneka, yang diduga di manfaatkan supplier untuk memasok barang. Hal ini di sampaikan oleh Sugito anggota LSM TRAAP kepada wartawan rakyatnusantara.net pada hari Jum'at (16/07/2021).


Sugito juga menjelaskan jika dilapangan banyak aduan dari masyarakat dan banyak temuan pelanggaran yang sudah menyalahi aturan, seperti Agen E-warong Toko Berkah dengan no.id agen 008-1212-126****, atas nama Rini Irawati di ketahui hanyalah seorang penjual Gorengan dan Kopi dan tidak pernah pegang mesin EDC, dan mesin tersebut di pegang oleh Ali (Warga Desa Paseban) sedangkan Agennya berada di Desa Cakru.


Padahal E-warong sendiri adalah agen yang bekerjasama dengan bank untuk membantu melaksanakan Program pemberdayaan dari Kemensos sebagai tempat pembelian bahan pangan oleh Keluarga Penerimah Manfaat (KPM) yang layaknya seperti pasar tradisional,"kata Sugito.


Lanjut Sugito, Ali juga menyampaikan sengaja memakai identitas Rini pada waktu dirinya semasih di tunjuk jadi pendamping BPNT di Era Bupati Faida.


"Karena sulitannya mencari orang yang siap menjadi agen E-warong BPNT, saya dengan berkoordinasi dari semua pihak termasuk Muspika dan Tiga Pilar, kami memutuskan untuk pinjam nama Bu Rini untuk kita ajukan  menjadi Agen E-warong BPNT dan di Survey langsung oleh petugas dari Bank Mandiri benama Yahya,"ucap Ali melalui LSM TRAAP.


Selain itu ada juga dalam praktik penyaluran bantuan pangan non tunai (BPNT) yang dibagikan sebelumnya sudah dikemas secara paket yang jumlahnya telah ditentukan oleh penyalur."imbuhnya.


Semetara Bambang yang waktu itu menjabat sebagai PLT Camat Kencong, ketika kami temui membantah jika apa yang dikatakan Ali terkait keterlibatannya dalam kepengurusan BPNT, apalagi dalam penunjukan E-Warong Agen BPNT." Coba tanya langsung ke pihak Bank Mandiri dan temui namanya pak Rahmad."tutur Bambang


Bertempat dikantor Desa Kades Cakru Heni Indriyani juga mengatakan hal senada dengan Bambang (mantan PLT Camat Kencong) di periode kepemimpinannya Faida,"untuk yang menunjuk Agen Penyalur itu dari pihak Bank Mandiri.


Hingga berita ini di Rillis, Rahmat sendiri sebagai pihak Bank Cabang Kencong ketika di temui wartawan enggan berkomentar, "untuk Bansos Bukan ranah saya, sampean langsung aja ke kantor yang ada di Jember."kata Rahmat (yan)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama